Sabtu 30 Jan 2021 01:05 WIB

Perkuat Pasokan Daging Ayam Halal di Pasar Tradisional

Saat ini, daging ayam yang memenuhi standar halal umumnya tersedia di pasar modern.

Rep: Muhyiddin/ Red: Friska Yolandha
Umat Islam Indonesia membutuhkan ketersediaan daging ayam yang memenuhi standar halal, dan tersedia di berbagai pasar, baik pasar modern maupun pasar tradisional. Pemenuhan kebutuhan daging ayam tersebut sangat penting karena Islam memerintahkan untuk mengkonsumsi makanan yang halal.
Foto:

Menurut dia, pihaknya telah memiliki SDM Juru Sembelih Halal (Juleha) yang kompeten dan telah lulus uji kompetensi sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Nomor 196 Tahun 2014. Selain itu, kata dia, pihaknya juga menyiapkan lokasi di pasar tradisional, yang dilengkapi peralatan untuk bisa memproduksi ayam potong yang memenuhi standar halal dan thoyyib.

“Kami juga memiliki penyelia untuk  memastikan proses produksi berjalan sesuai Proses Produk Halal (PPH)," kata Fachrudin.

Selain itu, PT Big Solution Indonesia juga telah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) RI. Kerjasama tersebut terkait dengan Jaminan Produk Halal dan Pengembangan Kelembagaan.

 

Fachrudin menambahkan, pada tahap awalnya, KPAH dibuka di dua pasar tradisional yaitu di Harapan Indah Bekasi, dan Pasar Glodok, Jakarta Barat. Pada tahap selanjutnya KPAH akan dibuka di wilayah Jabodetabek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement