Kamis 13 Jan 2022 12:37 WIB

Analis: Harmonisasi Aturan Keamanan Laut Diperlukan

Harmonisasi aturan keamanan laut diperlukan untuk efektivitas penegakan hukum.

Red: Agung Sasongko
seminar nasional bertajuk Peran Penegakan Hukum di Laut di  kampus Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta, Rabu (12/1/2021),
Foto:

"Saat ini pemerintah sedang berupaya untuk menata kelola keamanan, keselamatan, dan penegakan hukum di laut agar terciptanya kepastian hukum, efektivitas, dan efisiensi penggunaan anggaran," ucap Hudiansyah.

Selaras dengan pernyataan Hudiansyah, Wakil Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Laut (Waasrena Kasal) Laksamana Pertama TNI Yayan Sofiyan juga mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan penguatan regulasi yang dapat membangun sinergisitas operasi penegakan hukum di laut.

"Instansi lain juga memiliki tugas dalam penegakan hukum. Nah, ini disinergikan," kata Yayan secara menegaskan bahwa stabilitas keamanan lingkungan maritim tidak dapat dilaksanakan oleh satu institusi saja.

Seminar ini sendiri dibuka  secara resmi oleh Rektor UKI Dr. Dhaniswara K. Harjono  SH.MH. MBA. Dalam  kata sambutannya, Dhaniswara mengatakan, seminar ini merupakan salah satu upaya kalangan akademik dalam urun ide terkait masalah maritim tanah air. "Semoga dari temu ilmiah ini lahir pemikiran dan ide bernas untuk kemajuan dunia kelautan tanah air,"ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement