Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

KSAL Lantik Laksdya Agung Jadi Pangkoarmada RI pada 3 Februari 2022

Rabu 02 Feb 2022 08:14 WIB

Rep: Flori Anastasia Sidebang/ Red: Erik Purnama Putra

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono.

Foto: ANTARA /M Risyal Hidayat
Yudo menjelaskan, Koarmada RI nantinya membawahi Koarmada I, II, dan III.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono rencananya akan melantik Laksamana Madya Agung Prasetiawan sebagai Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) pada Kamis (3/2/2022). Yudo mengatakan, pelantikan itu adalah tindak lanjut dari Surat Keputusan (Skep) Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022.

"Skep Panglima TNI sudah terbit, sehingga harus kita laksanakan untuk pengangkatan Panglima Komando Armada RI," kata Yudo di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga

Yudo menjelaskan, Koarmada RI nantinya membawahi Koarmada I, II, dan III. Dia menyebut, dalam pelaksanaan bidang operasional Koarmada RI nantinya dibawah kewenangan Panglima TNI, sedangkan pembinaannya berada dibawah wewenang KSAL.

"Jadi hampir sama fungsinya dengan Koarmada I, II, III. Namun, karena ini Koarmada RI, sehingga dia membawahi operasionalnya Komando Armada I, II, III," jelas Yudo.

Dia menuturkan, untuk sementara markas Koarmada RI bakal berada di Jakarta. "Nanti di sebelahnya Koarmada I yang dulu pernah jadi kantor Kogabwilhan (I). Jadi nanti berikutnya akan kita rencanakan ke depan," tutur Yudo.

Koarmada RI akan dijabat oleh seorang perwira tinggi (pati) TNI AL bintang tiga. Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan alasan pembentukan lima satuan baru di tubuh TNI yang salah satunya adalah Koarmada RI. Andika menyebut, pembentukan satuan-satuan baru itu merupakan usulan dari masing-masing matra, yakni AL, AU, dan AD.

Selain itu, pembentukan satuan baru tersebut juga telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI. "Itu usulan dari masing-masing angkatan. Memang menjadikan command control atau komando pengendalian itu menjadi utuh," kata Andika di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/1/2022).

Andika pun menunjuk Laksdya Agung Prasetiawan sebagai Panglima Koarmada RI pertama. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Laksdya Agung sebelumnya menjabat sebagai Komandan Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut (Danpushidrosal). Komando Armada RI pun akan membawahi Komando Armada I, II, dan III yang bermarkas di Jakarta, Surabaya, dan Sorong.

Adapun tiga Pangkoarmada I, II, dan III masing-masing diduduki Laksda Arsyad Abdullah, Laksda Iwan Isnurwanto, dan Laksda Irvansyah. Ketiganya mendapat tugas mengamankan kedaulatan wilayah laut di bagian barat, tengah, dan timur NKRI.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile