Jumat 11 Mar 2022 11:58 WIB

5 Hal Penting yang Dilakukan pada Hari Jumat

Umat Islam diimbau memulai ibadah mereka pada malam sebelum Jumat.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam mendengarkan khutbah shalat Jumat di Masjid Nurul Islam, Palangakaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (16/7/2021). 5 Hal Penting yang Dilakukan pada Hari Jumat
Foto:

2. Mendengarkan khutbah dan sholat Jumat berjamaah

Semua laki-laki disarankan mengakhiri aktivitas duniawi mereka sedikit lebih awal pada Jumat dan mengambil cuti agar mereka dapat berada di masjid tepat waktu. Khutbah Jumat yang dikenal dengan Khutbah Jumuah merupakan sunnah dan wajib didengar oleh semua orang. Hadits berikut oleh Nabi Muhammad (SAW) bersabda:

“Dari Abu Hurairah RA. berkata, Rasulullah bersabda: Jika tiba hari Jumat, para malaikat berada di setiap pintu masjid untuk mencatat siapa yang datang pertama. Jika Imam sudah duduk (di mimbarnya) para malaikat itu menutup catatannya dan masuk ke masjid untuk mendengarkan khutbah” (HR. Bukhari).

Setiap laki-laki Muslim diwajibkan mengikuti sholat Jumat secara berjamaah. Allah SWT berfirman dalam Alquran:

“Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahu.” (Surah Jumuah:9)

3. Doa yang melimpah

Nabi Muhammad bersabda:

“Ada saatnya (yaitu Jumat) di mana Allah mengabulkan permintaan setiap hamba Muslim yang kebetulan meminta sesuatu kepada Allah sambil berdiri dalam sholat." (Al-Bukhari dan Muslim)

Jadi buatlah doa sebanyak mungkin pada hari ini dan manfaatkan kesempatan luar biasa ini agar doa Anda dijawab oleh Yang Mahakuasa.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement