Jumat 11 Mar 2022 11:58 WIB

5 Hal Penting yang Dilakukan pada Hari Jumat

Umat Islam diimbau memulai ibadah mereka pada malam sebelum Jumat.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam mendengarkan khutbah shalat Jumat di Masjid Nurul Islam, Palangakaraya, Kalimantan Tengah, Jumat (16/7/2021). 5 Hal Penting yang Dilakukan pada Hari Jumat
Foto:

4. Bacalah Surat Al-Kahfi

Tahap ini membantu seseorang dalam bertaubat dari dosa, mendapatkan berkah Allah SWT, dan mempersiapkan hari akhir. Oleh karena itu, setiap Muslim harus bertujuan untuk membiasakan diri membaca surat Al-Kahfi secara teratur. Luangkan waktu di siang hari untuk membaca surat Al-Kahfi, karena menurut hadis Nabi (SAW):

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka baginya cahaya antara Jumat ini dan Jumat berikutnya.” (Sunan Al-Kubra 5856)

Nabi Muhammad (SAW) juga bersabda:

“Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.” (HR Muslim).

5. Mengirimkan shalawat kepada Nabi SAW

Di samping mengingat Allah (SWT) secara teratur, peningkatan berkah harus dicurahkan kepada Nabi kita Muhammad (SAW) pada hari Jumat, sebagaimana dinyatakan dalam hadits:

“Sesungguhnya hari yang afdhal bagi kalian adalah hari Jumat; padanya Adam diciptakan dan diwafatkan, pada Jumat juga sangkakala (pertanda kiamat) ditiup dan padanya juga mereka dibangkitkan, karena itu perbanyaklah bershalawat kepadaku karena shalawat kalian akan diperhadapkan kepadaku.” (HR. Abu Daud)

Ikuti kegiatan ini dan lakukan di atas dan di luar setiap Jumuah. Bersiaplah untuk Jumuah sebelumnya, dan bekerja lebih keras untuk membungkus mantel berkah dan manfaat Allah. Semoga Allah (SWT) memberikan motivasi kepada saudara dan saudari Muslim kita untuk mengikuti semua ini setiap hari!

 

https://aboutislam.net/reading-islam/living-islam/5-most-important-things-to-do-on-friday/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement