Ahad 01 May 2022 19:05 WIB

7 Makanan Lezat yang akan Membantu Turunkan Berat Badan

Ada tujuh makanan alternatif yang mengenyangkan dan membantu menurunkan berat badan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Christiyaningsih
Ada tujuh makanan alternatif yang mengenyangkan dan membantu menurunkan berat badan, salah satunya kacang-kacangan. Ilustrasi.
Foto: Pixabay
Ada tujuh makanan alternatif yang mengenyangkan dan membantu menurunkan berat badan, salah satunya kacang-kacangan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Protein membantu Anda merasa kenyang karena butuh waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat. Protein juga menyediakan asam amino, blok bangunan untuk massa tubuh tanpa lemak. Ini berarti Anda akan mempertahankan otot, bahkan jika makan dengan defisit kalori.

Selanjutnya, serat mendukung penurunan berat badan dengan menambahkan makanan dalam jumlah banyak sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Serat juga memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah dan menjaga tingkat energi tetap stabil.

Baca Juga

Probiotik adalah pemain baru-baru ini dalam permainan penurunan berat badan. Akan tetapi probiotik dapat menuju status MVP dengan mendukung bakteri baik di usus Anda. Berikut tujuh makanan lezat yang dapat membantu menurunkan berat badan dikutip dari Men's Health:

1. Yogurt

Dengan hampir 20 gram dalam porsi tujuh ons, yogurt rendah lemak memiliki lebih banyak protein daripada jenis biasa. Yogurt juga dikemas dengan probiotik ramah usus.  Tekstur yang lebih tebal dan rasa yang lebih lembut membuatnya lebih menarik bagi pemula yogurt dan cocok dengan buah apa pun. Jika tidak cukup manis untuk Anda, kurangi gula tambahan dengan menambahkan sedikit madu daripada membeli yogurt yang sudah dimaniskan sebelumnya.

2. Bunga kol

Rasa hambar kembang kol sebenarnya adalah aset terbesarnya. Tambahkan ke semua jenis makanan untuk membantu merasa kenyang dan meningkatkan nutrisi. Cobalah nasi kembang kol, kulit pizza kembang kol (hindari yang keju), atau masukkan ke dalam smoothie Anda berikutnya.

3. Kacang-Kacangan

Lentil mengandung pati resisten yang merupakan jenis serat khusus dan menurut penelitian sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Sebagai bonus, pati resisten adalah prebiotik, yang berarti baik untuk bakteri usus Anda. 

Satu cangkir lentil rebus mengandung sekitar 18 gram protein dan sekitar 16 gram serat.  Kacang-kacangan enak dimakan sendiri, tetapi juga menjadi tambahan yang bagus untuk hampir semua sup atau rebusan.

4. Bengkuang

Anda bisa mengupas dan mengirisnya mentah-mentah menjadi potongan yang renyah dan berair yang bagus untuk dicelupkan. Satu cangkir irisan bengkuang mentah mengandung sekitar 46 kalori dengan hampir enam gram serat atau panggang dan bumbui sebagai pengganti kentang goreng rendah kalori.

5. Kayu Manis

Cobalah kayu manis sebagai tambahan pada teh, kopi, yogurt, atau ditaburkan pada buah. Jika Anda mengonsumsi protein kasein sebelum tidur, sedikit kayu manis dapat meningkatkannya.

6. Raspberi

Fakta bahwa mereka manis dan lezat sudah cukup. Raspberi selain kaya akan vitamin, mineral, dan fitonutrien, juga kaya akan serat. Satu cangkir raspberi mentah mengandung delapan gram serat yang mengesankan hanya dengan 64 kalori. Serat itu adalah prebiotik, artinya ia memberi makan bakteri usus baik Anda.  

7. Selada

Setiap sayuran hijau memiliki kelebihannya sendiri, jadi makanlah semuanya dengan bebas tetapi jangan abaikan makanan klasik ini. Selada akan mengeyangkan dan menghidrasi Anda. 

Dua cangkir parutan mengandung sekitar satu gram protein dan dua gram serat, semuanya untuk 16 kalori kecil. Jika Anda malas membuat salad, cobalah membelah selada dengan memanjang dan memasaknya dengan cara dipanggang. Taburi dengan sedikit minyak zaitun dan cuka balsamic. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement