Rabu 22 Jun 2022 16:56 WIB

Perjuangan Beyoncé Hadapi Preeklamsia Saat Hamil Anak Kembar

Saat hamil anak kembarnya, Beyoncé berusia 36 tahun.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi Beyonce mengalami preeklamsia saat mengandung anak kembarnya pada 2017.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Penyanyi Beyonce mengalami preeklamsia saat mengandung anak kembarnya pada 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Beyoncé tidak hanya mengejutkan penggemar dengan berbagai karya musik fenomenal. Pemenang penghargaan Grammy 28 kali itu juga pernah mengungkap cerita mengejutkan dalam hidupnya sebagai sosok ibu.

Beyoncé memiliki tiga anak, yakni Blue Ivy serta si kembar Rumi dan Sir. Ikon pop yang segera merilis single baru berjudul "Break My Soul" itu dijuluki ibu pemberani setelah menceritakan perjuangannya menghadapi preeklamsia saat mengandung anak kembarnya.

Baca Juga

Perempuan 40 tahun itu mengenang proses persalinan anak kembarnya pada 2017 sebagai cobaan berat. Dia berbagi bagaimana dia dan kedua bayinya berada dalam bahaya karena sebuah kondisi kesehatan mengkhawatirkan.

Kondisi itu mengharuskan persalinan dilakukan dengan metode operasi caesar. Beyoncé mengidap preeklamsia, kondisi di mana ibu memiliki tekanan darah tinggi, bahkan bisa ada darah dalam urine.

Menurut Mayo Clinic, preeklamsia berisiko merusak organ dalam tubuh seperti ginjal, hati, paru-paru, dan jantung, juga dapat menyebabkan strok. Jika tidak diobati, bisa berakibat fatal bagi ibu dan bayinya.

Saat hamil anak kembarnya, Beyoncé berusia 36 tahun. Dia pernah melakukan sesi wawancara dengan majalah Vogue tentang kondisinya, yang terbit pada edisi September 2018. Dia merasa segala hal berbeda setelah operasi besar itu.

"Beberapa organ digeser sementara, dan dalam kasus yang jarang terjadi, diangkat sementara saat melahirkan. Saya tidak yakin semua orang mengerti itu. Saya butuh waktu untuk sembuh, untuk pulih," kata Beyoncé.

Operasi caesar adalah prosedur di mana bayi dilahirkan melalui celah di rahim. Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), dibuat sayatan sepanjang 10 hingga 20 sentimeter di perut bagian bawah.

Rata-rata operasi berlangsung sekitar 40 sampai 50 menit. Selama waktu tersebut, ada tabir yang ditempatkan di tengah tubuh ibu sehingga dia tidak bisa melihat apa yang terjadi. Pemulihan ibu dan bayi biasanya selama tiga sampai empat hari.

"Selama pemulihan, saya memberikan diri saya cinta dan perawatan diri, dan saya menerima tubuh saya menjadi lebih berlekuk. Saya menerima apa yang tubuh saya inginkan," ungkapnya, dikutip dari laman Express, Rabu (22/6).

Tidak diketahui secara pasti bagaimana preeklamsia terjadi, tetapi diduga karena masalah suplai darah antara ibu dan bayi di plasenta. Pengidap diabetes, tekanan darah tinggi, atau penyakit ginjal sebelum kehamilan lebih berisiko mengalami kondisi tersebut.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَفَمَنْ كَانَ عَلٰى بَيِّنَةٍ مِّنْ رَّبِّهٖ وَيَتْلُوْهُ شَاهِدٌ مِّنْهُ وَمِنْ قَبْلِهٖ كِتٰبُ مُوْسٰىٓ اِمَامًا وَّرَحْمَةًۗ اُولٰۤىِٕكَ يُؤْمِنُوْنَ بِهٖ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِهٖ مِنَ الْاَحْزَابِ فَالنَّارُ مَوْعِدُهٗ فَلَا تَكُ فِيْ مِرْيَةٍ مِّنْهُ اِنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَّبِّكَ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يُؤْمِنُوْنَ
Maka apakah (orang-orang kafir itu sama dengan) orang yang sudah mempunyai bukti yang nyata (Al-Qur'an) dari Tuhannya, dan diikuti oleh saksi dari-Nya dan sebelumnya sudah ada pula Kitab Musa yang menjadi pedoman dan rahmat? Mereka beriman kepadanya (Al-Qur'an). Barangsiapa mengingkarinya (Al-Qur'an) di antara kelompok-kelompok (orang Quraisy), maka nerakalah tempat yang diancamkan baginya, karena itu janganlah engkau ragu terhadap Al-Qur'an. Sungguh, Al-Qur'an itu benar-benar dari Tuhanmu, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman.

(QS. Hud ayat 17)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement