Senin 29 Aug 2011 10:33 WIB

Hore! Jakarta Bebas Macet

Red: Stevy Maradona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Arus kendaraan di sejumlah ruas jalan di Kota Jakarta, Senin lancar seiring banyaknya warga yang sudah mudik untuk merayakan Lebaran di kampung halamannya masing-masing.

Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, menyebutkan sejumlah ruas jalan seperti arus kendaraan di Jalan Jenderal Sudirman yang menuju ke arah Jalan MH Thamrim, lancar di kedua arahnya.

Demikian pula dengan Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, tampak lancar di kedua arahnya. Kondisi serupa terjadi juga di ruas jalan arteri Gatot Subroto ke arah Jalan MT Haryono, serta ruas tol dalam kota.

Kendati arus kendaraan berjalan lancar, petugas Polda Metro Jaya tetap mengimbau kepada para pengguna kendaraan yang melintas di sejumlah ruas jalan tersebut untuk tetap hati-hati dan tetap tertib berlalu lintas.

Sementara itu, ruas jalan Kalimalang, Bekasi pada Senin (29/8) pagi, sudah tidak tampak lagi iring-iringan motor pemudik yang melintasi jalan tersebut. Hal tersebut berbeda dengan suasana pada Sabtu (27/8), ruas jalan Kalimalang yang dipadati oleh pemudik yang didominasi menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Kepadatan tersebut, membuat petugas menyarankan pemudik untuk melalui Tambun-Cibitung guna mengurangi kepadatan di jalan Kalimalang.

Jalur 3 in 1

Sementara itu, Polda Metro Jaya akan membebaskan kendaraan yang hanya berpenumpang satu orang orang melintas di jalan-jalan protokol Jakarta yang biasanya diterapkan aturan 3 in 1, dan pembebasan tersebut berlaku mulai Senin (29/8) hingga Jumat (2/9).

Kasubag Tekinfo Kompol Purwono Pujianto melalui laman TMC, menyebutkan pembebasan tersebut disebabkan pada hari-hari tersebut merupakan hari cuti bersama dan libur nasional Hari Idul Fitri sehingga lalu-lintas pun sepi.

"Makna 3 in 1 itu kan untuk mengurangi kemacetan, jika sepi kendaraan maka tidak masalah," katanya. Pada hari Senin (5/9), polisi kembali menerapkan jalur 3 in 1 karena pada waktu itu cuti bersama dan libur nasional sudah habis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement