Ahad 04 Mar 2012 21:45 WIB

Warga Temukan Tiga Arca dari Zaman Megalitikum

Red: Heri Ruslan

REPUBLIKA.CO.ID, PAGARALAM -- Warga Dusun Cawang Lama, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan, menemukan tiga arca manusia tanpa kepala di kebun  kopi setempat, Ahad (4/2).

Satu arca ditemukan di kebun milik Panhar, dan dua arca lainnya berada di kebun milik Yorhan, dengan kondisi sudah diselimuti lumut, dan sebagian badannya sudah tertimbun tanah.

Arca tersebut diperkirakan peninggalan sejarah purbakala (artefak) dari Zaman Megalitikum yang selama ini telah banyak ditemukan berada di Kota Pagaralam. "Tiga arca yang kami temukan kondisinya sudah hilang kepalanya, dua dengan posisi duduk dan satu lagi sudah tertidur dan tertimbun tanah," kata Darmansyah, warga Dusun Cawang Lama, RT 11 RW 05 Kelurahan Muarasiban, Kecamatan Dempo Utara.

Menurut dia, di sekitar arca juga terdapat bebatuan yang berada di perkebunan kopi milik warga setempat, dengan posisi duduk. "Arca ini diperkirakan memiliki ketinggian sekitar satu meter dengan ukuran badan sekitar 50 centimeter. Kemudian bentuk guratan pemahatan juga sudah cukup jelas,  seperti bentuk tangan, kaki dan gelang di tangan, dengan posisi sedang menggendong anak," ujar dia.