Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

Tuesday, 18 Muharram 1444 / 16 August 2022

 

18 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

6 Cara Kebiasaan Makan Sehat untuk Kaum Milenial 

Selasa 05 Jul 2022 20:49 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Ada beberapa kebiasaan makan sehat yang bisa dilakukan kaum milenial.

Ada beberapa kebiasaan makan sehat yang bisa dilakukan kaum milenial.

Foto: www.freepik.com.
Kaum milenial biasanya memiliki jam kerja panjang dan gaya hidup kurang aktif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebutuhan akan makanan sehat sangat penting saat ini.  Jam kerja yang panjang dan gaya hidup yang tidak aktif membuat Anda hampir tidak punya waktu untuk berolahraga. Ini mengarah kepada kebiasaan makan yang tidak sehat dan penambahan berat badan yang mungkin tidak selalu bekerja dengan baik untuk tubuh Anda.

 

Dilansir dari midday pada Senin (4/7/2022), kaum milenial mulai sadar akan kebiasaan makan yang sehat untuk kesehatan dan kesejahteraan yang baik.  Jadi, jika Anda juga termasuk Gen Y dan mengambil langkah pertama menuju kehidupan yang sehat, maka kebiasaan makan sehat berikut ini dapat membantu Anda menyempurnakan perjalanan Anda menuju kesehatan.

Baca Juga

Berikut enam cara kebiasaan untuk makan sehat yaitu:

1. Buatlah jadwal makan

Membuat jadwal dan mematuhinya akan membantu Anda mendisiplinkan kebiasaan makan Anda sendiri. Untuk menyempurnakan kebiasaan itu, buatlah buku harian dan tulis semua yang masuk ke perut Anda.  

Selain itu, perhatikan asupan kalori dengan cermat. Hitung berapa banyak yang Anda butuhkan dan berapa banyak yang Anda belanjakan.  Perhitungan ini akan membantu Anda terus menyesuaikan asupan dan pengeluaran Anda dan karenanya, sesuaikan kebiasaan makan Anda.  Dalam 21 hari, Anda akan menemukan perubahan besar dalam kebiasaan makan Anda.

2. Jangan melewatkan waktu makan

Kebutuhan nutrisi setiap orang berbeda-beda. Kebutuhan tubuh Anda dalam hal makro dan mikronutrien adalah unik. Anda harus terlebih dahulu mengevaluasi kebutuhan Anda dan kemudian membuat rencana untuk itu.  

Penting bagi kaum milenial untuk tidak pernah melewatkan waktu makan. Tidak ada salahnya mengemil di antaranya untuk menenangkan rasa lapar Anda.  Alih-alih memilih makanan yang digoreng, keripik, cokelat hitam dan batangan energi menjadi pilihan camilan yang sehat dan mengenyangkan.

3. Tidak makan junkfood

Milenial adalah bagian dari gaya hidup dan budaya kerja tertentu. Makan di luar menjadi hal yang wajar bagi sebagian besar populasi generasi milenial. Salah satu hal paling cerdas yang dapat Anda lakukan adalah menghindari junk food dan lebih memilih pilihan yang lebih sehat yang tersedia di menu. Mengkonsumsi Cola dan alkohol juga harus dihindari karena kedua hal ini dapat sangat menghambat kesehatan Anda dalam jangka panjang.

4. Pilih makanan daripada suplemen 

Saat ini kenyamanan dan nutrisi adalah tantangan bagi sebagian besar milenium.  Agar tetap sehat, penting untuk membaca label dengan cermat untuk mengetahui apa yang terjadi dalam pembuatan produk.  

Anda juga perlu memperhatikan kandungan lemak, gula dan karbohidrat sebelum membeli makanan. Pastikan produk yang Anda konsumsi bebas dari tambahan gula dan zat tidak alami.

Gula menyebabkan banyak penyakit gaya hidup, oleh karena itu sebaiknya hindari.  Kebiasaan makan sehat penting lainnya adalah menjaga asupan cairan Anda secara optimal.  Air tidak hanya menjaga suhu tubuh kita, tetapi juga membantu membuang racun dari sistem kita.  Oleh karena itu hindari juga minuman manis.

5. Pertimbangkan pilihan nabati 

Pola makan nabati semakin populer dan untuk alasan yang baik.  Produk vegan mengemas semua nutrisi penting dan cukup mudah dicerna untuk sistem kita.  Faktanya, produk vegan sekarang direkomendasikan untuk menyingkirkan banyak penyakit gaya hidup termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, dan masalah jantung.  

6. Makan malam sebelum jam 8 malam 

Makan apapun yang berat setelah matahari terbenam tidak disarankan. Anda harus mencoba makan terakhir hari itu sebelum jam 8 malam.  Jika Anda tidak bisa makan sebelum jam 8 malam, maka lebih baik makan malam ringan dengan pilihan salad hijau atau secangkir susu.  Pastikan untuk berjalan setidaknya 10 sampai 15 menit setelah makan malam untuk membantu tubuh mencerna makanan dengan baik.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile