Rabu 10 Aug 2022 06:22 WIB

Prabowo Siap Nyapres, PAN: Komitmen Berkhidmat Jadi Pemimpin Bangsa

PAN sebelumnya mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2014 dan 2019.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus raharjo
Wakil Ketua MPR RI, Yandri Susanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (4/8).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Wakil Ketua MPR RI, Yandri Susanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (4/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Yandri Susanto menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mengaku siap untuk kembali menjadi calon presiden (capres). Pihaknya menghargai keputusan Menteri Pertahanan itu.

"Peluang Pak Prabowo tetap bagus. Kita menghargai kita mengapresiasi kalau Pak Prabowo nyapres lagi itu sebagai komitmen beliau berkhidmat untuk menjadi pemimpin bangsa," ujar Yandri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Baca Juga

PAN sendiri adalah salah satu partai yang mendukung Prabowo pada Pilpres 2014 dan 2019. Selama memenuhi syarat, tentu tak ada alasan bagi partainya untuk melarang Prabowo kembali mencalonkan diri.

"Semua orang di republik ini bilamana syaratnya cukup boleh saja yang penting perahunya cukup, syaratnya memenuhi boleh saja untuk melakukan kontestasi di 2024 termasuk Pak Prabowo," ujar Yandri.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjelaskan bahwa partainya akan menggelar rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada 13 Agustus mendatang. Jika forum tersebut mengamanatkan Prabowo untuk kembali menjadi calon presiden (capres), ia mengaku siap menerima amanah tersebut.

"Kalau saya dapat tugas, saya anggap tugas itu tugas yang suci untuk berbakti dan mengabdi kepada rakyat. Tentunya harus saya terima dengan baik seandainya nanti dicalonkan," ujar Prabowo usai mendaftarkan partainya di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (8/8/2022).

Ia belum mengungkapkan lebih lanjut apakah Rapimnas Partai Gerindra juga akan memutuskan pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Menurutnya, hal tersebut akan dibahas bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) usai forum tersebut.

"Insya Allah kalau lancar semua mungkin kita akan adakan pertemuan," ujar Prabowo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement