Ahad 14 Aug 2022 04:35 WIB

Sifat Kepemimpinan Umar bin Khattab

Umar dipandang sebagai lambang keadilan karena sikap zuhudnya.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Sifat Kepemimpinan Umar bin Khattab
Foto:

Umar dan sikap zuhud

Umar dipandang sebagai lambang keadilan karena sikap zuhudnya dari segala kenikmatan dunia itu. Dengan zuhudnya itu ia sudah tidak mengenal takut selain kepada Allah, dan tidak mengharapkan dari siapa pun' selain dari Allah.

Rasa takut dan harapannya kepada Allah sangat kuat. Ia tahu bahwa Allah akan mengadakan perhitungan atas segala tindakannya mengurus kepentingan umat.

Inilah yang lebih ditakutinya, dan ini pula yang membuatnya berpegang teguh pada keadilan sesuai dengan kehendak Allah. Dengan keadilannya ia tak pernah membedakan kerabat atau bukan, orang yang dekat atau yang jauh.

Umar, dengan sikap zuhudnya dari segala kenikmatan dunia itulah yang mendorong hatinya begitu prihatin terhadap golongan miskin, hal yang pada mulanya dikhawatirkan orang tidak akan mendapat perhatian bila dia yang menggantikan memegang pimpinan. Orang sudah melihatnya di masa Rasulullah, luar biasa kerasnya ia berpegang pada keadilan.

Dapat terlihat jelas, memperlihatkan kepada kita tentang pengaruh pribadinya yang begitu kuat dalam membangun sebuah imperium besar dalam waktu singkat, dan akan terlihat apa sebab tokoh besar ini namanya tetap kekal dalam sejarah, menjadi buah bibir orang dengan penuh rasa hormat dan kagum, generasi demi generasi, di barat dan di timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement