Jumat 24 Feb 2023 10:33 WIB

Anak Tersangka, Ayah Dicopot dari Pejabat Pajak

KPK akan mengklarifikasi harta kekayaan pejabat pajak yang dicopot, Rafael Alun.

Rep: Iit Septyaningsih/Flori/Ali/ Red: Teguh Firmansyah
Aksi anak pejabat pajak, Mario Dandy Satrio yang ugal-ugalan di dalam SPBU dengan motor mewahnya
Foto: Media sosial twitter
Aksi anak pejabat pajak, Mario Dandy Satrio yang ugal-ugalan di dalam SPBU dengan motor mewahnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencopot Rafael Alun Trisambodo dari tugas dan jabatannya sebagai kepala bagian umum Direktorat Jenderal Pajak Kanwil Jakarta Selatan. Rafael Alun diketahui merupakan ayah dari Mario Dandy Satrio (MDS), pelaku penganiayaan terhadap korban D. 

Kasus MDS menyeret sang ayah mengingat gaya hidup pelaku yang dianggap tidak mencerminkan seorang anak abdi negara. Dari mulai kendaraan Rubicon 'bodong' hingga pamer motor gede kerap dilakukan pelaku. 

Baca Juga

Belakangan juga diketahui bahwa harta kekayaan sang ayah, Rafael Alun Trisambodo mencapai sekitar Rp 56 miliar. Angka itu hanya selisih sekitar Rp 2 miliar dari kekayaan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dilaporkan pada 2021 sebesar Rp 58 miliar. 

"Saya perintahkan Inspektorat Kementerian Keuangan memeriksa harta saudara RAT (Rafael Alun Trisambodo), 23 Februari lalu Irjen telah memeriksa harta yang bersangkutan. Dalam rangka Kemenkeu mampu melaksanakan pemeriksaan, maka mulai hari ini saudara RAT dicopot dari tugas dan jabatan," kata Sri Mulyani menegaskan, dalam konferensi pers di Jakarta yang hadir secara virtual, Jumat (24/2/2023).