Kamis 20 Jul 2023 15:19 WIB

Pengamat: Segelintir Elite PDIP 'Ogah' Menangkan Ganjar

Pengamat sebut ada keengganan segelintir elit di internal PDIP untuk menangkan Ganjar

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Bilal Ramadhan
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pengamat sebut ada keengganan segelintir elit di internal PDIP untuk menangkan Ganjar.
Foto:

Karena itu, Dedi menilai, jika kondisi ini terus terjadi, apalagi dengan poros Jokowi jelas mendukung Prabowo, pengusungan Ganjar akan terancam. Menurutnya, PDIP memungkinkan kembali ke niat awal untuk mengusung Puan Maharani yang dinilai bangun soliditas di internal dibanding Ganjar, meskipun elektabilitasnya rendah.

"Tentu saja, Ganjar bisa saja kalah dari pertarungan dan mengurangi konsolidasi partai, tetapi Puan mungkin tetap kalah hanya saja potensial menjaga suara partai," ujarnya.

Sebelumnya, politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Budiman Sudjatmiko menggelar pertemuan tertutup dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman menteri pertahanan RI itu. Dalam pernyataannya, Budiman ingin ada persatuan kaum nasionalis untuk meneruskan kepemimpinan Presiden Jokowi.

"Kali ini saya memang bertemu beliau karena saya merasa bahwa bangsa ini butuh persatuan kaum nasionalis, butuh saling mendukung, butuh kebersamaan. Karena Indonesia 2024 ke sana adalah Indonesia yang harus dijaga bareng," kata Budiman kepada wartawan di halaman depan rumah Prabowo, Selasa (18/7/2023) malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement