Senin 04 Dec 2023 08:16 WIB

Kaesang Ingin Ada Debat Khusus untuk Lihat Kualitas Cawapres

Timnas AMIN menuding tim Prabowo-Gibran tak ingin debat, hanya paparkan visi-misi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Agus raharjo
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep usai menyampaikan konferensi pers di kantor DPP PSI, Jakarta, Jumat (24/11/2023). Konferensi pers tersebut membahas tentang strategi pemenangan PSI dalam Pemilu 2024.
Foto:

Terpisah, Co-captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Nihayatul Wafiroh tidak membantah pernah mengusulkan debat Pilpres 2024 agar selalu menghadirkan calon presiden dan calon wakil presiden bersama dalam setiap sesi. Namun, Nihayatul menegaskan Timnas AMIN tidak pernah menginginkan debat cawapres dihilangkan.

"Dalam pertemuan FGD oleh KPU di 29 November 2023, Timnas AMIN menyampaikan ide awal dalam diskusi FGD tersebut bahwa sebaiknya dalam setiap agenda debat, pasangan calon capres-cawapres untuk selalu dihadirkan dalam seluruh rangkaian debat. Namun bukan menghilangkan debat cawapres," ujar Nihayatul dalam siaran persnya, Ahad (3/12/2023).

Nihayatul menyebut Timnas AMIN justru mencatat Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengusulkan format debat hanya berupa pemaparan dan pendalaman dokumen visi-misi. Ia mengatakan, menurut tim paslon 2, debat dengan model saling menanggapi antarpaslon akan menghabiskan banyak waktu tanpa ada kesempatan menjelaskan visi dan misi masing-masing paslon.

"Dalam kesempatan yang sama Timnas AMIN telah dengan tegas menolak usulan Tim Paslon Nomor 2 yang jika disetujui akan membatasi pengenalan pemilih terhadap kualitas utuh para paslon, serta terkesan ingin memberikan kenyamanan berlebih pada paslon tertentu. Penolakan serupa juga diutarakan oleh Tim Paslon Nomor urut 3," tegasnya.

photo
Angka Elektabilitas Capres-Cawapres November 2023 - (infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement