Kamis 01 Feb 2024 21:00 WIB

Netanyahu Serukan Badan PBB untuk Pengungsi Palestina UNRWA Ditutup

Sekjen PBB mengimbau semua negara menjamin eksistensi UNRWA.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Ani Nursalikah
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.
Foto:

Dia mengingatkan peran dan bantuan UNRWA vital bagi 1,5 juta pengungsi di Gaza. “Saat ini, lebih dari sebelumnya, badan tersebut membutuhkan dukungan internasional,” ujar Eide.

“Untuk menghindari hukuman kolektif terhadap jutaan orang, kita perlu membedakan antara apa yang telah dilakukan individu dan apa yang diperjuangkan UNRWA,” tambah Eide.

Pada Ahad (28/1/2024), Norwegia telah mengumumkan mereka akan mempertahankan bantuan untuk UNRWA. Belasan negara, termasuk di dalamnya Jerman, Swiss, Italia, Kanada, Finlandia, Australia, Inggris, Belanda, Amerika Serikat (AS), Prancis, Austria, dan Jepang, telah menangguhkan pendanaan mereka untuk UNRWA.

Langkah itu diambil sebagai respons atas dugaan adanya 12 staf UNRWA yang terlibat dalam serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023. UNRWA telah mengumumkan mereka sudah memutuskan kontrak dengan para staf terkait.

UNRWA berisiko tidak bisa melanjutkan pemberian bantuan kepada para pengungsi Palestina, termasuk mereka yang berada di Jalur Gaza, setelah akhir Februari, jika pendanaan terhadap badan tersebut dihentikan. “Jika pendanaan tidak dilanjutkan, UNRWA tidak akan dapat melanjutkan layanan dan operasinya di seluruh wilayah, termasuk di Gaza, setelah akhir Februari,” kata seorang juru bicara UNRWA, Senin (29/1/2024).

Komisaris Jenderal UNRWA...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement