Sabtu 23 Mar 2024 12:29 WIB

Tiga Keluarga Kerajaan Umumkan Kanker di Tahun yang Sama, Inggris Perlu Khawatir?

Kate Middleton tidak mengungkapkan kanker apa yang menggerogoti tubuhnya.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Princess of Wales, Kate Middleton
Foto:

Raja Charles Didiagnosis Mengidap Kanker

Pengumuman Kate muncul sebulan setelah Istana Buckingham pada bulan Februari mengungkapkan bahwa Raja Charles III (75) telah didiagnosis menderita kanker. Ia telah menjalani prosedur terkait prostat. Istana belum mengklarifikasi jenis kanker apa yang diderita Charles maupun stadiumnya.

“Raja berterima kasih kepada tim medisnya atas intervensi cepat mereka, yang dimungkinkan berkat prosedur rumah sakit baru-baru ini,” demikain pernyataan pihak istana.

Setelah diagnosis itu, William mengambilalih banyak tugas resmi ayahnya karena tugas Charles dikurangi untuk pengobatan kanker. Pangeran Harry juga melakukan kunjungan 24 jam untuk menemui ayahnya.

Setelah pengumuman Kate, juru bicara Istana Buckingham mengatakan bahwa Charles turut mengunjungi menantu perempuannya itu di Klinik London di mana dia menjalani operasi. Ia sangat bangga pada Catherine atas keberaniannya dalam berbicara seperti biasanya. Dalam masa sulit, hubungan mereka tetap erat seperti biasanya.

Sedangkan Sarah Ferguson, Duchess of York (64) didiagnosis menderita melanoma ganas enam bulan setelah dia menjalani operasi kanker payudara. Diagnosis Ferguson diumumkan pada Januari setelah serangkaian operasi tahi lalat pascamastektomi.

"Dia sedang menjalani penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan bahwa penyakit ini telah diketahui pada tahap awal. Jelas, diagnosis lain yang terjadi segera setelah pengobatan untuk kanker payudara sangat menyusahkan, tetapi Duchess tetap dalam semangat yang baik," demikain menurut perwakilan dalam sebuah pernyataan.

Ini bukan pertama kalinya kanker menyerang keluarga kerajaan. Ayah Ratu Elizabeth II menderita kanker paru-paru sebelum kematiannya pada usia 56 tahun, sehingga Elizabeth menjadi ratu. Apakah Inggris perlu khawatir?

"Saya menyebutnya sebagai hal yang "mengejutkan" melihat tiga anggota keluarga kerajaan berbagi diagnosis kanker secara berturut-turut," kata pakar kerajaan Katie Nicholl.

Masyarakat masih belum tahu....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement