Selasa 07 May 2024 05:02 WIB

Nike Ramai Dikecam Gara-Gara Ada Sepatunya yang Berbendera Israel, Ini Fakta di Baliknya

Video yang perlihatkan sepatu Nike dengan bendera Israel viral sejak Maret.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Tangkapan layar dari akun Instagram @chefsosman, Elsayed Osman Hassan, memperlihatkan sepatu Nike dengan berbendera Israel.
Foto:

Halaman Facebook PNT by Ray juga mengklarifikasi bahwa mereka tidak berafiliasi dengan Nike dan tidak menjual merek apa pun yang disebutkan di halamannya. Mereka menekankan bahwa produk yang mereka jual adalah hasil kustomisasi, bukan produk asli.

Melalui email kepada Reuters, PNT by Ray menyatakan bahwa mereka tidak memiliki keterkaitan dengan Nike. Mereka juga mengungkapkan bahwa sepasang Air Force 1 yang terlihat dalam video tersebut telah disesuaikan untuk seorang penulis Inggris-Israel bernama Michael Dickson.

Michael Dickson, yang merupakan direktur eksekutif StandWithUs Israel, membagikan video unboxing sepatu tersebut di Instagram pada 3 Maret 2024. Dia juga mengklarifikasi klaim tersebut dalam video lain yang di-posting pada 10 Maret 2024, di mana dia menjelaskan bahwa seorang seniman yang melukis sepatu tersebut, bukan Nike.

Dalam pernyataan melalui email, Dickson menjelaskan bahwa sepatu yang dicat tersebut adalah hadiah dari seorang seniman. Seniman itulah yang menambahkan bendera Israel di sepatu Nike tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement