Rabu 29 May 2024 15:18 WIB

Diangkatnya Kiswah dan Sentuhan ke Dinding Ka'bah

Berat kiswah sekitar 670 kilogram untuk menutupi seluruh Ka'bah.

Red: Ani Nursalikah
Jurnalis Republika Muhyiddin yang bertugas pada musim haji 2024.
Foto:

Pada putaran thawaf selanjutnya, saya pun penasaran dengan jamaah yang berlomba-lomba untuk menyentuh Hajar Aswad. Jamaah yang mendekati batu surga itu pun tampak besar sehingga agak sulit untuk mendekatinya.

 

Saat saya mendekati Hajar Aswad, ada juga seorang jamaah yang wajahnya seperti orang Indonesia. Jamaah itu terlihat sudah berumur karena rambutnya sudah banyak yang memutih. Saat mendekati Hajar Aswad, bapak itu terjepit di antara jamaah bertubuh besar.

 

Saat akan mendekati Ka'bah ia tampak sudah tidak kuat lagi sehingga ia berteriak. "Help...help". Saya mencoba membantu melindungi tubuhnya yang terjepit, namun tangan tak bisa meraihnya. Lalu saya pun setengah berteriak berkata kepadanya, "Jangan paksakan pak, jangan paksakan pak.."

 

Karena sudah tak sanggup lagi menuju Hajar Aswad, ia pun menyerah dan segera mundur dari kerumunan. Sementara, saya terus berupaya untuk maju ke depan dan berada di antara jamaah yang penuh semangat.

 

Beruntung, saat itu tiba-tiba saya terdorong ke depan. Namun, karena tidak memungkinkan untuk mencium, saya hanya bisa menyentuhnya. Lalu, bekasnya segera saya tempelkan ke mulut.

 

Kiswah itu akan diturunkan ke posisi awal segera setelah musim haji berakhir. Sementara, jamaah haji Indonesia saat ini masih terus berdatangan ke Makkah, baik yang dari Madinah maupun Jeddah. Hingga Rabu (29/5/2024), sudah ada 102.644 jamaah haji Indonesia yang sampai tiba di Makkah yang berasal dari 25 kloter.

Tonggak sejarah kiswah Ka'bah... Baca di halaman selanjutnya...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement