Jumat 03 Jun 2016 14:46 WIB

Pidato Bung Karno Bikin Amerika 'Mati Kutu'

Red: Karta Raharja Ucu
Sukarno
Foto:

Kalau di Irak Bush mengakui AS menghadapi kekalahan, di Vietnam lebih memalukan lagi. Setelah kewalahan menghadapi para pejuang Vietnam, AS akhirnya menarik pasukannya. Ribuan prajurit AS tewas, jauh lebih banyak dibanding yang tewas di Irak.

Di Jakarta, pada masa kolonial sampai akhir abad ke-19, di depan gedung Balai Kota Batavia yang kini menjadi Museum Sejarah DKI Jakarta, terdapat tiang gantungan. Salah seorang yang dieksekusi di tiang gantungan itu adalah Bang Puase.

Dia adalah seorang jagoan dari Kwitang, Jakarta Pusat. Bang Puase dihukum gantung karena dituduh membunuh Nyai Dasima, seorang nyai rupawan dari Kuripan, Ciseeng, Parung, Bogor. Eksekusi itu terjadi pada tahun 1813, pada awal kekuasaan Inggris (Raffles) di Indonesia.

Di Kampung Kwitang, tiap Ahad kini ada pengajian Habib Ali yang didatangi ribuan warga dari Jabotabek. Konon, Bang Puase dilahirkan di salah satu tempat yang sampai tahun 1960-an bernama Gang Mendung, di Kampung Kwitang. Mungkin dia dilahirkan saat Ramadhan hingga dinamakan demikian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement