Rabu 05 Jun 2024 11:29 WIB

PLN Masih Belum Tahu Penyebab Listrik di Sumbar Mati Total

Padamnya listrik di Sumbar dimulai Selasa (4/6/2024) pukul 10.57 WIB.

Red: Andri Saubani
Seorang lansia, Yuliar (70) menggunakan lampu minyak di rumahnya di Korong Patamuan, Nagari Padang Alai, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat.
Foto:

Berbeda dengan Sumbar, PT PLN berhasil memulihkan kelistrikan 100 persen di Pulau Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sebelumnya terdampak gangguan pada jaringan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Lubuklinggau-Lahat, Sumatera. "Kini 100 persen listrik pelanggan di Pulau Bangka yang sebelumnya terdampak telah menyala kembali," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Munief Budiman di Pangkalpinang, Rabu.

Munief mengatakan, setelah terjadi gangguan pihaknya langsung gerak cepat melakukan kordinasi dan pemulihan dari sisi pembangkit, jaringan transmisi, hingga jaringan distribusi.

"Setelah terjadi gangguan kami langsung berupaya melakukan penormalan secara bertahap. Kami bersyukur hari ini sejak pukul 02.30 WIB dinihari kelistrikan Pulau Bangka telah menyala kembali 100 persen," ujarnya.

Pihaknya terus melakukan evaluasi agar kelistrikan di Pulau Bangka semakin andal. Bagi pelanggan yang membutuhkan informasi dan layanan PLN dapat dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile.

Pada Selasa (4/6/2024) siang terjadi gangguan sambungan listrik di wilayah Sumatera Bagian Selatan, gangguan terjadi pada jalur transmisi antara Lahat-Lubuklinggau yang terputus, sehingga sistem Sumatera Bagian Selatan padam. Menyikapi kejadian ini PLN UIW Babel telah mengambil langkah cepat dan bertahap agar sistem di Pulau Bangka tetap terjaga.

PLN berupaya memaksimalkan kapasitas daya yang dimiliki agar tetap bisa memberikan pelayanan pasokan listrik ke pelanggan, dan secara bertahap mampu menyalakan listrik terutama kepada pelanggan prioritas, VVIP dan VIP, yang pada akhirnya pada Rabu dini hari berhasil memulihkan aliran di Pulau Bangka 100 persen.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement