Sabtu 06 Jul 2024 09:11 WIB

Faksi-Faksi Palestina Kian Padu, Lancarkan Serangan Balik

Brigade al-Qassam mengumumkan penyerangan yang tewaskan 10 tentara IDF.

Red: Fitriyan Zamzami
Seorang demonstran Palestina saat bentrokan dengan pasukan Israel di kota Jenin, Tepi Barat, Rabu, 22 Mei 2024.
Foto:

Hampir bersamaan dengan pengumuman Brigade Qassam tentang penyergapan ini, situs-situs Israel berbicara tentang "peristiwa sulit" yang dialami tentara Israel di Jalur Gaza. Di Rafah, Brigade Qassam mengumumkan bahwa para pejuangnya mampu menembak seorang tentara Israel di sebelah barat kota. 

Sebaliknya, Brigade Al-Quds dari Jihad Islam Palestina mengumumkan bahwa mereka telah menembaki tentara dan kendaraan Israel dengan mortir berat yang menembus lingkungan Shujaiya di timur Kota Gaza. Di tengah Jalur Gaza, Brigade Al-Quds menyatakan telah menembaki dengan mortir posisi tentara dan kendaraan Israel di poros "Netzarim".

Di selatan, Brigade mengumumkan bahwa para pejuangnya telah menembaki tentara Israel yang ditempatkan di gerbang penyeberangan Rafah dengan mortir.

Sebelumnya, Brigade Martir al-Aqsa, sayap militer gerakan Fatah, mengatakan bahwa mereka telah menembaki pasukan pendudukan di lingkungan Shujaiya dengan mortir, dan juga menerbitkan klip video pasukan yang menargetkan pasukan penjajah di Rafah dengan roket dan mortir. Sedangkan Brigade Mujahidin mengumumkan bahwa mereka telah membombardir pasukan pendudukan di poros Netzarim dengan dua rudal 107. 

Radio Tentara Israel mengatakan bahwa 13 tentara Israel tewas selama sepekan terakhir, menambahkan bahwa tentara menghadapi tantangan di Shujaiya. Selama delapan hari berturut-turut, lingkungan Shujaiya di Gaza telah menyaksikan pertempuran antara perlawanan Palestina dan pasukan pendudukan Israel, yang telah menyebabkan kematian dan cedera di wilayah tersebut selama beberapa hari terakhir.

The Times Israel melansir, IDF mengumumkan bahwa seorang tentara IDF kembali tewas dalam pertempuran pada Kamis di Shujaiya. Militer mengatakan pasukannya terus beroperasi melawan Hamas dalam pertempuran jarak dekat.

IDF mengatakan pasukannya terlibat dalam memerangi kelompok bersenjata Hamas di utara, selatan dan tengah Jalur Gaza, sementara penduduk Gaza mengatakan mereka masih mencari tempat yang aman untuk berlindung menyusul perintah evakuasi yang dibagikan di Khan Younis awal pekan ini. IDF mengidentifikasi tentara yang terbunuh pada hari Kamis sebagai Sersan Staf Eyal Mimran dari Batalyon 101 Brigade Pasukan Terjun Payung.

Kematiannya menambah jumlah korban Israel dalam serangan darat terhadap Hamas di Gaza dan dalam operasi militer di sepanjang perbatasan dengan Jalur Gaza menjadi 325 orang. Secara terpisah, seorang anggota cadangan Brigade Alexandroni terluka parah di Gaza tengah, tambah IDF.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement