Senin 15 Jul 2024 21:12 WIB

Sholat Jenazah di Kuburan Ustadz Yazid, Bagaimana Hukumnya? Ini Menurut NU & Muhammadiyah

Pelayat menyolati jenazah Ustadz Yazid di kuburan.

Red: Karta Raharja Ucu
Para pelayat sholat jenazah di depan makam ustaz Yazid bin Abdul Qadir Jawas di Makam Los Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jumat (12/7/2024).
Foto:

Sementara dikutip dari web resmi Muhammadiyah diceritakan, Rasulullah shalallahu alahi wassalam pernah melakukan sholat jenazah pada suatu kuburan yang baru saja ditimbun.

Kisah itu berdasarkan HR Al Bukhari yang berbunyi: “Hajjah bin Minhal memberitakan kepada kami, Syu‘bah memberitakan kepada kami, ia berkata Sulaiman asy-Syaibani berkata: ‘Aku mendengar asy-Sya‘biy berkata: Memberitakan kepada saya orang yang lewat bersama Nabi saw pada sebuah kuburan yang tepencil, lalu Nabi saw mengimami (salat) mereka dan mereka pun salat di belakang beliau. Aku bertanya: Siapa yang memberitakan kepada engkau wahai Abu ‘Amr, ia menjawab: Telah berkata Ibnu Abbas’.” (HR. al-Bukhari).

Pada hadis lain diterangkan Nabi Muhammad shalallahu alahi wassalam pernah sholat di kuburan dan tidak diterangkan macam sholat yang dikerjakan oleh beliau: apakah sholat wajib, sholat sunat, atau sholat jenazah, berdasarkan hadis:

“Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Muhammad bin ‘Urwah as-Sami, telah menceritakan kepada kami Ghundar, telah menceritakan kepada kami Syu‘bah diriwayatkan dari Habib bin asy-Syahid dari Tsabit dari Anas ra, bahwasanya Nabi saw telah salat di atas suatu kuburan.” (HR. Muslim).

Lalu bagaimana jika sholat di dalam masjid yang terdapat kuburan?

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement