Sabtu 20 Jul 2024 06:39 WIB

Pelajaran dari Wafatnya Pasutri Lansia Hingga Membusuk: Wahai Anak Ingat Selalu Ayat Ini

Islam menegaskan perintah berbakti kepada orang tua

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Garis polisi.   (ilustrasi). Islam menegaskan perintah berbakti kepada orang tua
Foto:

Allah SWT memerintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tua karena kasih sayang dan usaha kedua ibu bapak telah dicurahkan kepada anak-anaknya agar mereka menjadi anak-anak yang saleh, dan terhindar dari jalan yang sesat.

Maka, sepantasnyalah apabila kasih sayang yang tiada taranya itu, dan usaha yang tak mengenal susah payah itu mendapat balasan dari anak-anak mereka dengan memperlakukan mereka dengan baik dan mensyukuri jasa baik mereka.

Dalam ayat Alquran di atas terdapat beberapa ketentuan dan sopan santun yang harus diperhatikan anak terhadap kedua orang tuanya. Antara lain, seorang anak tidak boleh mengucapkan kata kotor dan kasar meskipun hanya berupa kata “ah” kepada kedua orang tuanya, karena sikap atau perbuatan mereka yang kurang disenangi. Keadaan seperti itu seharusnya disikapi dengan sabar, sebagaimana perlakuan kedua ibu bapaknya ketika merawat dan mendidiknya di waktu masih kecil.

Hendaklah anak mengucapkan kata-kata yang mulia kepada kedua ibu bapak. Kata-kata yang mulia ialah kata-kata yang baik dan diucapkan dengan penuh hormat, yang menggambarkan adab sopan santun dan penghargaan penuh terhadap orang lain.

Oleh karena itu, jika seorang anak berbeda pendapat dengan kedua ibu bapaknya, hendaklah ia tetap menunjukkan sikap yang sopan dan penuh rasa hormat. 

photo
Infografis berbakti kepada orang tua - (Republika)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement