Selasa 23 Jul 2024 00:01 WIB

Gunung Gede - Pangrango 'Bersalju' dan Hadits tentang Gunung Emas

Gunung Gede dan Pangrango merupakan tanda kebesaran Allah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Puncak Gunung Gede
Foto:

Menurut dia, pemutus kelezatan dunia itu hanyalah kematian. Kendati demikian, menurut dia, ada satu cara bagi manusia agar merasa cukup ketika masih hidup di dunia, yaitu dengan cara berdzikir, selalu mengingat Allah. 

 

"Supaya kita tidak terus-menerus merasa kurang cukup maka cukupnya itu hanya bisa diselesaikan dengan berdzikir kepada Allah," kata dia. 

 

Dia pun mengutip potongan ayat Alquran "ala bidzikrillahi tathmainnul qulub", yakni hanya dengan berdzikir hati manusia bisa menjadi tentram. Ketika hati sudah tentram, kata dia, pasti manusia itu akan merasa cukup. 

 

"Jadi kalau sudah berdzikir, sudah bersama Allah, seperti yang saya sampaikan, mau ada, mau gak ada, stabil. Stabil apanya? Stabil kita menghadapinya, bisa sabar, bisa hidup, bisa kuat, sambil menunggu, ibarat malam menunggu siang, dari gelap menuju terang. Itu berputarnya. Gak ada lagi, alatnya cuma ini, cuma dzikir," jelas Kiai Ali. 

 

Manusia memang dikenal sebagai makhluk yang sangat bersemangat untuk terus menerus mengumpulkan harta dan kemewahan dunia lainnya, dan mereka tidak akan merasa cukup. Dari Ibnu Abbas dan Anas bin Malik Ra, Rasulullah SAW bersabda: 

 

لَوْ أَنَّ لابْنِ آدَمَ وَادِياً مِنْ ذَهَبِ أَحَبَّ أَنْ يَكُونَ لَهُ وادِيانِ ، وَلَنْ يَمْلأَ فَاهُ إِلاَّ التُّرَابُ ، وَيَتُوب اللَّهُ عَلَى مَنْ تَابَ 

 

Artinya: "Meskipun manusia itu memiliki selembah emas, ia tentu menginginkan memiliki dua lembah emas lagi dan sama sekai tidak akan memenuhi mulutnya (merasa puas) selain tanah (yaitu setelah mati) dan Allah menerima taubat orang-orang yang bertaubat.” (HR Bukhari dan Muslim). 

 

Selain mengingatkan manusia agar merasa cukup, hadits ini juga berisi celaan bagi manusia yang berlebih-lebihan dalam mengumpulkan harta dunia dan tidak menunaikan hak-haknya dengan benar. Namun, Allah akan selalu menerima tobat setiap hamba-Nya yang benar-benar mau bertobat. 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement