Sabtu 17 Aug 2024 19:33 WIB

Sang Juru Potret pada Momen Proklamasi RI

Tiga foto hasil jepretan Frans S Mendur abadikan momen Proklamasi RI 17 Agustus 1945.

Red: Hasanul Rizqa
Frans Soemarto Mendur. Bersama kakaknya, ia adalah fotografer yang hadir meliput pembacaan Proklamasi RI 17 Agustus 1945.
Foto: dok Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
Frans Soemarto Mendur. Bersama kakaknya, ia adalah fotografer yang hadir meliput pembacaan Proklamasi RI 17 Agustus 1945.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konon, sebuah foto bernilai ribuan kata. Dengan mengamati gambar, kita dapat turut merasakan atmosfer suatu peristiwa, yang telah lewat.

Dalam hal Proklamasi Republik Indonesia, kita patut bersyukur bahwa momen yang sangat penting itu telah diabadikan dalam beberapa foto. Potret itu adalah hasil jepretan Frans Soemarto Mendur, seorang fotografer kelahiran Kawangkoan, Minahasa, Sulawesi Utara.

Baca Juga

Dilansir dari laman Kemendikbudristek RI, Frans S Mendur adalah saudara kandung Alexius “Impurung” Mendur. Kakak beradik ini menekuni dunia fotografi.

Seperti abangnya, Frans S Mendur sejak remaja sudah merantau ke luar kampung halaman. Sempat bertempat di Surabaya (Jawa Timur), ia lalu hijrah ke Batavia (Jakarta). Di sanalah dirinya menemui sang kakak, guna mendalami kiat-kiat fotografi.