Kamis 22 Aug 2024 07:27 WIB

Proyeksi Kredit 2024, BI Bidik Pertumbuhan 12 Persen

Permintaan kredit rumah tangga masih tinggi terutama pada KPR.

Rep: Eva Rianti/ Red: Gita Amanda
Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan kredit pada 2024 berada dalam kisaran 10-12 persen. (ilustrasi)
Foto:

Lebih lanjut Perry mengungkapkan adanya dua skenario mengenai penurunan suku bunga Fed Funds Rate (FFR) pada sisa tahun ini dan tahun depan. Perry menjelaskan, setidaknya ada tiga faktor yang diperhatikan dalam menentukan kedua skenario tersebut. Yakni faktor kondisi perkembangan ekonomi AS, kebijakan atau settlement dalam Federal Open Market Committee (FOMC) dan ekspektasi pasar. 

“Dalam dua hari ini kami mendiskusikan bahwa baseline dengan probabilitas 75 persen ke atas FFR akan turun dua kali tahun ini, yaitu September dan kalau enggak November ya Desember, masing-masing 25 bps,” ungkapnya. 

Kemudian, skenario yang sama dalam data independennya, pada 2025 mendatang diperkirakan terjadi tiga kali penurunan suku bunga FFR, dengan masing-masing penurunannya sebesar 25 bps. Sebagian penurunan suku bunga itu terjadi pada triwulan I/ 2024, dan sebagian kecil terjadi di triwulan II/ 2024. 

“Tapi kami juga melihat skenario potensial risk dengan probabilitas 50—75 persen, bahwa tahun ini tetap akan turun dua kali seperti baseline, tapi tahun depan kemungkinan turunnya hanya dua kali. Dua skenario itu yang kami takar,” kata Perry.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ اِحْسَانًا ۗحَمَلَتْهُ اُمُّهٗ كُرْهًا وَّوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۗوَحَمْلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰثُوْنَ شَهْرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرْبَعِيْنَ سَنَةًۙ قَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, “Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.”

(QS. Al-Ahqaf ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement