Kamis 05 Sep 2024 09:50 WIB

Dosen Universitas BSI Upgrade Skill! Belajar Instalasi Kabel Fiber Optik

Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para dosen dengan pengetahuan praktis

Red: Ahmad Fikri Noor
Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan di bidang teknologi informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali mengadakan pelatihan dengan tema
Foto: Universitas BSI
Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan di bidang teknologi informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali mengadakan pelatihan dengan tema

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan di bidang teknologi informasi, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali mengadakan pelatihan dengan tema "Instalasi Kabel Fiber Optik", pada Kamis (29/8/2024) silam. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para dosen dengan pengetahuan praktis dan kemampuan teknis yang sangat dibutuhkan di era digital saat ini.

Pelatihan berlangsung di Gedung Rektorat Universitas BSI, Jl Kramat Raya No 98, Senen, Jakarta Pusat. Dosen dari berbagai program studi di bawah Fakultas Teknik dan Informatika Universitas BSI ikut serta dalam pelatihan ini. Mereka tertarik mendalami teknologi jaringan fiber optik, sebuah teknologi yang menjadi tulang punggung dalam komunikasi data modern. Materi yang diberikan mencakup pengenalan dasar mengenai fiber optik, teknik instalasi, manajemen jaringan, hingga praktek langsung yang melibatkan peserta secara aktif.

Baca Juga

Dekan Fakultas Teknik dan Informatika, Rachmat Adi Purnama menegaskan bahwa pelatihan ini merupakan bagian dari komitmen Universitas BSI untuk mendukung pengembangan profesionalisme para dosen.

"Dengan memberikan pelatihan seperti ini, kami berharap para dosen dapat menguasai teknologi terkini dan mampu mentransfer ilmu tersebut kepada mahasiswa, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan dunia kerja," ujar Rachmat.

Menurut Rachmat, pelatihan ini akan terus diadakan, untuk memastikan bahwa dosen-dosen kami selalu up-to-date dengan perkembangan teknologi.

"Pelatihan ini dibimbing oleh para ahli berpengalaman di bidang fiber optik, termasuk Tommi Alfian Armawan Sandi, yang juga merupakan dosen Universitas BSI," katanya.

Dalam pelatihan ini, Tommi sebagai pemateri memberikan pemahaman mendalam tentang teknologi fiber optik, serta bagaimana implementasinya dapat mendukung proses pembelajaran dan penelitian.

"Teknologi fiber optik adalah bagian krusial dari infrastruktur digital. Menguasai teknologi ini tidak hanya penting bagi dosen, tetapi juga bagi mahasiswa yang akan terjun ke dunia kerja," kata Tommi.

Dengan pelatihan ini, diharapkan dosen-dosen Universitas BSI dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam berbagai proyek penelitian, pengembangan kurikulum, maupun praktik pembelajaran di kelas. Universitas BSI berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa di masa mendatang guna memperkuat peran serta para dosen dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Pelatihan ini juga merupakan langkah konkret Universitas BSI dalam menjawab kebutuhan industri yang semakin menuntut tenaga kerja dengan kemampuan teknis yang andal.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement