Sabtu 29 Feb 2020 23:52 WIB

Benarkah Boba Bikin Batu Ginjal? Dokter Buka Suara

Ramai dibicarakan boba sebabkan batu ginjal

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com
 Boba diduga sebabkan batu ginjal. Benarkah?
Boba diduga sebabkan batu ginjal. Benarkah?

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Boba atau bubble sempat ramai diperbincangkan di media sosial karena dianggap sebagai salah satu penyebab batu ginjal.

Menurut pakar gizi Pavitri, S.K.M., RD. boba sebabkan batu ginjal ternyata tak terbukti secara medis.

Pavitri menjelaskan, boba hanya akan mengancam sistem masalah pencernaan. "Gak sampai ke situ (batu ginjal), paling ke pencernaan. Mungkin jadi sembelit terus begah, jadi gak nyaman," kata Pavitri di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Sembelit pun, kata Pavitri, akan terjadi jika boba dikonsumsi terlalu banyak sehingga akan sulit dicerna oleh tubuh. "Kalau dalam jumlah yang wajar gak masalah," ucapnya.

Menurut Pavitri, 3 sendok boba dalam satu porsi minuman kekinian mengandung 70-80 kalori. Sementara kalori paling banyak pada topping adalah milk foam dengan 203 kalori, disusul cheese foam 180 kalori, tapioka pearls 156 kalori, juga topping oreo 116 kalori.

"Itu baru kalori toppingnya aja, belum ditotal satu porsi minuman kekinian yang bisa sampai 800-900 kalori," kata Pavitri.

Boba sendiri adalah salah satu topping favorit dalam aneka jenis minuman manis kekinian. Bentuknya yang bulat dengan tekstur kenyal membuat boba menjadi padu padan minuman yang digemari banyak orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement