Kamis 01 Sep 2022 20:05 WIB

Sandiaga Siap Nyapres, Dasco Ingatkan Capres Gerindra adalah Prabowo

"Jelas kalau di Gerindra sudah final, bahwa calon presiden adalah Pak Prabowo."

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan siap menjadi capres pada Pilpres 2024, meski Gerindra telah resmi mengusung Prabowo Subianto sebagai capres. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan siap menjadi capres pada Pilpres 2024, meski Gerindra telah resmi mengusung Prabowo Subianto sebagai capres. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menanggapi kesiapan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno untuk maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Ia mengatakan, pernyataan kesiapan tersebut bukan merupakan sesuatu yang dilarang.

Namun ia mengingatkan, terdapat mekanisme untuk maju sebagai calon presiden (capres)  atau calon wakil presiden (cawapres) yang diatur Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Di samping itu, Partai Gerindra sendiri sudah secara resmi ingin mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

Baca Juga

"Jelas kalau di Gerindra sudah final, bahwa calon presiden adalah Pak Prabowo. Kan sudah diketok," ujar Dasco di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Ia menjelaskan, kesiapan Sandiaga merupakan pendapat pribadi yang tak dilarang oleh konstitusi. Silaturahim yang dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu juga merupakan penjajakan yang bersifat pribadi.

"Saya pikir soal penjajakan-penjajakan itu ya mungkin karena Pak Sandi pengen coba menjajaki dan karena dia sudah siap tentunya nantinya akan ada langkah politik yang diambil oleh Pak Sandi. Itu Pak Sandi yang tahu," ujar Dasco.

Partai Gerindra, jelas Dasco, tak melarang jika Sandiaga memang benar ingin maju di Pilpres 2024. Kendati demikian, ia mengingatkan adanya aturan yang berlaku di internal partai berlambang kepala garuda itu.

"Kami kan tidak bisa melarang kalau hak-hak politik seseorang mau maju,  tapi kan kemudian nanti ada aturan dan etik," ujar Wakil Ketua DPR itu.

Diketahui, Sandiaga telah menyatakan kesiapannya mencalonkan diri dalam Pilpres 2024, karena merasa memiliki pengalaman di Pilpres 2019. Pernyataan kesiapannya tersebut disampaikan dalam forum  silaturahmi dengan pengurus DPW Partai Persatuan Pembangunan (DPP) Yogyakarta akhir pekan lalu.

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
رَّسُوْلًا يَّتْلُوْا عَلَيْكُمْ اٰيٰتِ اللّٰهِ مُبَيِّنٰتٍ لِّيُخْرِجَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ مِنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِۗ وَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ وَيَعْمَلْ صَالِحًا يُّدْخِلْهُ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًاۗ قَدْ اَحْسَنَ اللّٰهُ لَهٗ رِزْقًا
(dengan mengutus) seorang Rasul yang membacakan ayat-ayat Allah kepadamu yang menerangkan (bermacam-macam hukum), agar Dia mengeluarkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, dari kegelapan kepada cahaya. Dan barangsiapa beriman kepada Allah dan mengerjakan kebajikan, niscaya Dia akan memasukkannya ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sungguh, Allah memberikan rezeki yang baik kepadanya.

(QS. At-Talaq ayat 11)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement