Kamis 22 Jul 2010 18:19 WIB

Layanan Buruk di Cina: Pilih Komplain atau Dikeroyok?

Rep: c26/ Red: Siwi Tri Puji B
Ilustrasi
Foto: .
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--Satu hal yang tak diketahui publik internasional tentang Cina adalah tanggapan lembaga pemerintah atas komplain warga yang tak puas dengan pelayanan publik. Hal itu baru terungkap ketika tigaanggota polisi berpakaian poreman salah sasara dan justru memukuli istri senior mereka.

Adalah Chen Yulian, perempuan yang mencoba melakukan komplain terhadap pejabat. Mereka menyerang perempuan tersebut saat dia mencoba masuk gedung kantor suaminya di Wuhan Propinsi Hubei.

Chen tak lain adalah istri perwira menengah kepolisian. Ia datang untuk melaporkan pada pejabat berwenang atas kematian putrinya, karena dia yakin kematian putrinya itu disebabkan kasus kesalahan pengobatan.

Media Cina telah melaporkan bahwa orang-orang yang mengenakan baju polos adalah petugas yang sering menaklukkan pemohon di luar gedung pemerintah.

Beberapa laporan menuturkan, Ny Chen hingga menyentuh tanah karena dipukul pada peristiwa bulan lalu. Dia menjalani pukulan tersebut lebih dari 15 menit sebelum akhirnya ditahan.

Pihak berwenang mengatakan, perempuan tersebut menderita luka ringan. Namun, laporan lainnya mengatakan bahwa dia masih berusaha agar bisa berjalan.  

Para analis mengatakan, kasus tersebut menyoroti perlakuan kasar terhadap banyak pemohon Cina yang mengatakan, mereka diperlakukan kasar ketika ingin melakukan komplain.

sumber : AP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement