Selasa 20 Mar 2012 20:47 WIB

Serangan Tomcat Semakin Meluas

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Chairul Akhmad
Serangga Tomcat atau kumbang Rove.
Foto: indoforum.org
Serangga Tomcat atau kumbang Rove.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Warga Surabaya semakin resah dengan keberadaan serangga Tomcat. Pasalnya, serangga yang disebut kumbang Rove itu sudah menyebar ke berbagai wilayah di Surabaya.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Surabaya, sudah ada 28 titik yang terkena serangan Tomcat. "Wabah ini memang sudah merata ke sejumlah daerah sejak satu minggu lalu," jelas Kepala Bidang Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Surabaya, Alex Siahaya, Selasa (20/3).

Alex menjelaskan, Tomcat pertama kali diketahui menyerang apartemen di daerah Pakuwon sekitar tiga pekan lalu. Namun, kini sudah merata ke sejumlah daerah seperti Gubeng, Kertajaya, Semolowaru, Kenjeran, Sukolilo, Rungkut, Dukuh Pakis, Banyu urip, Mulyorejo, Sukomanunggal, dan Gununganyar.

Lebih lanjut Alex menambahkan, dari 28 titik yang ada, sekitar 18 titik diserang serangga dengan jumlah populasi cukup besar, yakni mencapai 100 ekor. "Bahkan laporan terakhir, di sebuah rusun Tanah Kali Kedinding, jumlah Tomcat bila dtimbang dan dimasukkan ke dalam plastik, beratnya mencapai satu kilogram," bebernya.

Menurutnya, mewabahnya Tomcat disebabkan berkurangnya keseimbangan lingkungan. Banyak lahan pertanian ataupun persawahan yang dijadikan perumahan. Hal itu menyebabkan serangga tersebut mencari tempat lain dan menyebar kemana-mana.

Alex berharap agar warga tidak perlu resah dengan keberadaan Tomcat. Karena sebenarnya binatang itu tidak menggigit ataupun menyengat. Namun, yang perlu dilakukan ketika terserang adalah dengan tidak menepuknya, cukup digibas saja sehingga Tomcat itu terjatuh. "Karena kalau ditepuk, Tomcat akan mengeluarkan Toksinnya yang beracun itu," ungkapnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement