Jumat 20 Feb 2015 10:20 WIB

Busyro: Kasus BLBI Bukan Hanya Tanggung Jawab KPK

Rep: c67/ Red: Bilal Ramadhan
 Busyro Muqoddas
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Busyro Muqoddas

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqaddas mengatakan  BLBI merupakan kasus yang sangat lama. Menurut Busyro, sebelum dirinya masuk di KPK kasus tersebut sudah ada.

"Dan semestinya itu menjadi bagian penegak hukum lainnya sebelum adanya KPK juga," ujar Busyro, di Kantor IRE, Sleman, Yogyakarta, Kamis (19/2).

Karena itu, Busyro memandang jika penanganan kasus BLBI sangat lama jangan hanya mempersalahkan terhadap KPK namun ke aparat penegak hukum lainnya. Ditanya soal penilaian terhadap Plt pimpinan KPK Taufikurrahman Ruki yang lemah dalan pengungkapan kasus BLBI dan rekening gendut, Busyro menuturkan penilaian tersebut tentu akan dibuktikan oleh yang bersangkutan bahwa sangkaan tersebut tidak benar.

"Saya nggak lihat pak Ruki lemah, kalau ngomong keras kuat, secara relatif ada prestasinya, saya nggak yang menganggap pak Ruki lemah dari sisi mana," katanya.

Busyro menegaskan, yang terpenting dalam situasi saat ini, ketiga Plt pimpinan KPK harus mengatasi upaya pelemahan KPK. Sebab, faktanya saat ini KPK mengalami pelemahan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ
Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), “Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.” Dan mereka berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.”

(QS. Al-Baqarah ayat 285)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement