Ahad 01 Mar 2015 19:29 WIB

Menpan akan Buat Aturan Definisi Rapat di Hotel

Red: Erik Purnama Putra
 Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpar RB) Yuddy Chrisnandy mengatakan akan membuat aturan yang tegas mengenai definisi larangan menyelenggarakan rapat di hotel bagi pegawai negeri sipil (PNS).

"Setelah ini akan kami luruskan, apa yang dimaksud dengan rapat, masak ada rapat jumlahnya 1.000 orang. Itu namanya ngobrol," katanya usai menghadiri acara temu alumnus Unpad di salah satu kawasan bermain golf di Jakarta, Ahad (1/3( sore.

Yuddy menjelaskan, nantinya akan ditentukan aturan mengenai rapat yang harus dilakukan di dalam lembaga dan mana yang harus diselenggrakan di luar lembaga beserta dengan jumlah peserta rapat. "Rapat itu paling banyak 50 orang, selebihnya pasti tidak akan efektif proses dan hasilnya," katanya.

Menurutnya, rapat jika diselenggarakan di luar lembaga harus menggunakan fasilitas milik pemerintah, bisa berupa gedung atau ruangan tertentu. "Definisi rapat akan kami tentukan lagi aturannya, jika kegiatan tersebut merupakan seminar, itu masih diperbolehkan asalkan wajar," tuturnya.