Senin 09 Nov 2015 14:02 WIB

Ini Kronologi Suap Mantan Sekjen Nasdem yang Diungkap dalam Persidangan

Rep: c20/ Red: Angga Indrawan
Mantan Sekjen Partai Nasdem, Patrice Rio Capella keluar dengan menggunakan baju tahanan KPK usai diperiksa selama sembilan jam di Gedung KPK, Jumat (23/10). ( Republika/Raisan Al Farisi )
Sekjen Partai Nasdem Patrice Rio Capella meninggalkan Gedung DPP usai memberikan keterangan pers di Jakarta, Kamis (15/10).

Yudi menambahkan, Sisca akhirnya mengembalikan duit Rp10 juta kepada Evy dan mengatakan Evy untuk membuat alibi pesan singkat yang mengatakan pertemuan di Hotel Kartika Chandra tak pernah terjadi. Pada Juli 2015, KPK menangkap tangan anak buah Kaligis yang menyuap tiga hakim dan satu panitera untuk memenangkan gugatan Gatot yang membatalkan surat panggilan Kejaksaan Agung dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Setelah itu, tim penyidik mulai memeriksa saksi. 

Jaksa menjelaskan, Rio khawatir dirinya terjerat kasus korupsi. Ia pun membuat skenario seolah-olah tak menerima uang. Ia mengembalikan uang tersebut kepada Sisca. Namun, kata Jaksa, Sisca ingin bertemu kembali dengan Rio untuk menyerahkan uang titipan Gatot itu. Pertemuan berlangsung di Restoran Kunstkring, Menteng, Jakarta. 

Gagal meyakinkan, lanjut Jaksa, Rio kembali bertemu Sisca dan memberinya dua nomor ponsel berbeda untuk berkomunikasi. Pada tanggal 24 Agustus 2015, ajudan Rio bernama Jupanes Karwa menyerahkan uang Rp 200 juta kepada kakak Sisca bernama Clara Widi Wiken di Pom Bensin Pancoran, Jakarta. 

 

Sidang pun dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembacaan keberatan dari pihak Rio terhadap dakwaan jaksa KPK.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اَوْ كَذَّبَ بِاٰيٰتِهٖۗ اُولٰۤىِٕكَ يَنَالُهُمْ نَصِيْبُهُمْ مِّنَ الْكِتٰبِۗ حَتّٰٓى اِذَا جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا يَتَوَفَّوْنَهُمْۙ قَالُوْٓا اَيْنَ مَا كُنْتُمْ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗقَالُوْا ضَلُّوْا عَنَّا وَشَهِدُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ اَنَّهُمْ كَانُوْا كٰفِرِيْنَ
Siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah atau yang mendustakan ayat-ayat-Nya? Mereka itu akan memperoleh bagian yang telah ditentukan dalam Kitab sampai datang para utusan (malaikat) Kami kepada mereka untuk mencabut nyawanya. Mereka (para malaikat) berkata, “Manakah sembahan yang biasa kamu sembah selain Allah?” Mereka (orang musyrik) menjawab, “Semuanya telah lenyap dari kami.” Dan mereka memberikan kesaksian terhadap diri mereka sendiri bahwa mereka adalah orang-orang kafir.

(QS. Al-A'raf ayat 37)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement