Jumat 29 Apr 2016 09:44 WIB

Boneka Reborn Karya Seniman Queensland Ini Mirip Bayi Sungguhan

Red: Ani Nursalikah
Vynette Smith dan dua boneka reborn buatannya.
Foto:

Satu dekade lalu, Smith mampu menjual boneka reborn miliknya seharga $2500,  tapi dengan berkembangnya persaingan boneka reborn dari Cina yang diproduksi massal, dia terpaksa harus menurunkan harga boneka reborn buatannya hingga ratusan dolar.

 

Selain senang mengeskpresikan bakat kreatifnya, Smith mengaku motivasi sebenarnya membuat boneka reborn adalah untuk memberi kenyamanan bagi orang lain.

 

"Beberapa orang yang membeli boneka reborn adalah orang yang telah kehilangan bayinya dan mereka hendak merasakan kedekatan dengan bayinya yang meninggal, sehingga mereka membuat boneka yang dibuat berdasarkan gambar imajinasi mereka sendiri,” katanya.

 

Menurut Smith, beberapa dari boneka yang dibuatnya memang ‘dilahirkan’ untuk mereplikasi bayi yang lahir keguguran dan menawarkan bentuk  kedekatan bagi orang tua yang kehilangan bayinya. Bonekanya juga digunakan untuk menghadirkan kenyamanan bagi pasien dimensia agar bisa merasakan perasaan memegang bayi.

 

Disamping manfaat yang ditawarkan ke pembeli yang berduka, Smith mengaku sebagian orang menganggap boneka reborn buatannya sebagai boneka yang menyeramkan.

 

"Sejumlah orang memandang dan menganggap boneka reborn itu menyeramkan dan mungkin salah satu alasannya adalah karena bisa jadi boneka itu terlihat seperti jenazah. Karena terlihat sangat mirip dan tidak bergerak, boneka ini jadi terlihat seperti bayi mati. Tapi di satu sisi ini merupakan nilai tambah karena berarti boneka reborn buatan saya sangat mirip bayi sungguhan.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement