Ahad 30 Jun 2019 17:44 WIB

RI Targetkan Ekspor Hortikultura ke Cina Naik 300 Persen

Buah Manggis Indonesia sangat diminati pasar Cina.

Red: EH Ismail
Delegasi Indonesia mengunjungi ekspo buah di Guangzhou Cina 2019
Foto: Humas Kementan
Delegasi Indonesia mengunjungi ekspo buah di Guangzhou Cina 2019

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah Indonesia optimistis ekspor hortikultura ke Cina akan meningkat hingga 300 persen. Hal ini merupakan keinginan Presiden Jokowi untuk membuka akses pasar dan memperkuat hubungan bilateral dengan negeri tirai bambu.

Optimisme peningkatan ekspor pertanian terlihat pada hasil ekspo buah di Guangzhou Cina. Para eksportir buah menemukan calon mitra potensial. Acara ini berlangsung selama 3 hari, 27-29 Juni, diikuti sekitar 13 negara dan perusahaan peralatan budidaya dan pascapanen produk hortikultura. 

Pengunjung pameran berasal dari berbagai latar belakang. Mulai dari importir buah, pemilik toko buah grosir, retail dan daring, pelaku olahan buah dan sebagainya.

Fruit Expo di Guangzhou ini diselenggarakan untuk kedua kalinya. Pada tahun lalu peserta dari Indonesia hanya satu eksportir. Kali ini partisipasi eksportir buah Indonesia meningkat menjadi delapan perusahaan. 

“Pembeli kami tadi meminta dikirim 1-2  kontainer manggis untuk ekspor trial dan kalau tidak ada masalah mereka akan meneruskan dengan pembelian selanjutnya," tutur Leo, salah seorang eksportir manggis. 

Beberapa tamu yang mendatangi stan mereka sudah pernah melakukan penjajakan dengan perusahaanya dan berkunjung ke Indonesia, sehingga Leo berharap kunjungan mereka kali ini bisa menghasilkan kontrak.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Imron, eksportir manggis lainnya. Tamu yang datang ke stand mereka ada sudah pernah menghubungi sebelumnya dan ada yang merupakan pelanggan mereka. Jadi kedatangan mereka pameran ini merupakan kegiatan tindak lanjut sekaligus membina hubungan kerja sama. "Ada sekitar 4-5 pembeli potensial yang akan kami tindaklanjuti," Jelas Imron optimis.

photo
Pasar Jiangnan Guangzhou Cina.

Pelaku agribisnis Indonesia berkesempatan melihat langsung aktivitas Pasar Jiangnan. Ini adalah pasar lelang buah-buahan impor dari berbagai negara. Di sana terlihat banyak kontainer besar membawa buah beserta aktivitas para pelaku pasar buah Cina. 

Wakil eksportir hortikultura Indonesia yang ikut berkunjung ke pasar tersebut antusias memperhatikan dinamika di sana. Produk hortikultura Indonesia yang sudah masuk ke pasar ini adalah manggis.

Pembentukan harga buah impor langsung terjadi di pasar ini melalui proses lelang. Prosesnya cepat, dilanjutkan dengan pengambilan buah yang dibeli menggunakan forklift dan alat angkut yang lebih kecil.

Kunjungan selanjutnya ke Beijing Quanshengshidai Trading yang merupakan perusahaan pengemasan buah. Dari sana buah didistribusukan ke pasar retail atau supermarket, pasar e commerce melalui kurir langsung ke alamat pembeli atau komunitas pembeli yang ditunjuk. 

Penjualan online sekarang menjadi tren bisnis di Cina, sehingga bisa menjadi opsi metode pemasaran produk hortikultura Indonesia. Delegasi RI juga mengunjungi Sunday Co Ltd, perusahaan pengemasan yang hampir serupa dengan perusahaan yang dikunjungi sebelumnya, tetapi produk yang dikelola adalah coklat. 

Kunjungan terakhir ke Hongxiang Logistic, yakni perusahaan yang menangani distribusi dan e commerse. Perusahaan ini berlokasi di wilayah Pelabuhan, sebagai agen yang menangani semua urusan bea cukai, karantina dan semua dokumen pengeluaran barang, sampai pengiriman barang ke pihak pembeli. 

Rossy Verona, Sekretaris Ditjen Asia Pasifik Kemenlu RI menyampaikan bahwa hubungan kerjasama dan persahabatan Indonesia dengan China sangat baik dan sudah terjalin sangat lama. Kunjungan dan pertemuan Presiden RI Jokowi dengan Presiden Xi Jinping cukup banyak dan kerja sama yang dikembangkan kedua negara meliputi berbagai sektor tidak hanya di bidang pertanian namun juga infrastruktur dan kerja sama ekonomi dan pembangunan lainnya. 

"Saya sangat berharap ada tindak lanjut yang lebih konkret yang dapat mengurangi kesenjangan neraca perdagangan kedua negara. Target ekspor hortikultura Indonesia diharapkan meningkat 200-300 persen pada 2019," ujar Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura, Yasid Taufik.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement