Kamis 27 Feb 2020 09:43 WIB

Nadiem Fokus Tingkatkan Unsur Kebudayaan dalam Kurikulum

Mendikbud Nadiem Makarim akan tingkatkan unsur kebudayaan dalam kurikulum.

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Bayu Hermawan
Mendikbud Nadiem Makarim
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Mendikbud Nadiem Makarim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim akan menjadikan sinergi antara kebudayaan dan kurikulum fokus utama. Saat ini, kata dia, kurikulum pendidikan akan disempurnakan dengan ditambahkan dari sektor yang berkaitan dengan kebudayaan.

"Di kurikulum juga, ada berbagai penyempurnaan kurikulum dan tentunya kreativitas akan menjadi salah satu fokus utama dalam cara pedagogik yang baru dan kurikulum yang ada," kata Nadiem, ditemui usai membuka Rakornas Kebudayaan di Hotel Grand Sahid, Rabu (26/2) malam.

Baca Juga

Nadiem menjelaskan, Kemendikbud sedang merumuskan agar bobot seni dan hal-hal dari unsur budaya maupun kreativitas bobotnya akan lebih tinggi. Kemendikbud juga memiliki Pusat Prestasi Nasional yang akan menyelenggarakan lomba skala nasional dengan fokus tidak hanya dari akademis.

"Jadi fokusnya di situ. Jadi bukan hanya akademis saja. Kita ingin menciptakan anak-anak yang holistik, yang senang dan bangga dengan kebhinekaan Indonesia dan merasa dirinya PD (percaya diri) dan tampil," ujarnya.