Rabu 06 Jan 2021 09:20 WIB

'Risma Ingin Optimalisasi Balai-Balai di Kemensos'

Risma akan menjadi pengalaman di Surabaya untuk diterapkan di Jakarta dan Bekasi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ratna Puspita
Menteri Sosial Tri Rismaharini
Foto: GALIH PRADIPTA/ANTARA FOTO
Menteri Sosial Tri Rismaharini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sosial Tri Rismaharini menemui Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Selasa (5/1) sore. Dalam pertemuan tersebut, Risma, sapaan akrabnya, mengungkapkan gagasannya untuk mengoptimalkan balai-balai yang ada di bawah Kementerian Sosial. 

"Ada gagasan dari Ibu Risma yang kemudian disetujui Pak Wapres yaitu gagasan mengenai optimalisasi dan reformasi pengelolaan balai-balai yang selama ini banyak digunakan Kemensos untuk menampung disabilitas dan macam-macam itu," ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi saat dihubungi Selasa (5/1).

Baca Juga

Menurut Masduki, Risma ingin balai-balai itu diperuntukkan menampung disabilitas, pemulung, maupun tempat pemberdayaan masyarakat. Sebab saat ini, balai-balai itu saat ini belum digunakan secara optimal.

"Itu banyak nganggur, kantornya besar-besar, lebar-lebar, di Indonesia itu ternyata ada 49 balai, selama ini kurang dimanfaatkan dengan baik. Jadi rencana Ibu Mensos, balai itu akan dijadikan tempat-tempat pemberdayaan pelatihan sekaligus pemberdayaan untuk kepentingan ekonomi," kata Masduki.