Sabtu 23 Jan 2021 06:51 WIB

Dexamethasone Obat COVID-19 & Lebih Murah dari Vaksin?

Beredar, obat COVID-19 dexamethasone lebih murah dibandingkan vaksin COVID-19

Rep: Antara/ Red: Elba Damhuri
Dexamethasone Disebut Obat Penyelamat Lawan Covid-19
Foto:

Penjelasan: Mengutip situs Turnbackhoax.id, narasi obat dexamethasone lebih murah dibanding vaksin COVID-19 menyesatkan.

Video siaran berita sebuah TV nasional berjudul “Peneliti Inggris Temukan Obat Corona? Direktur Jenderal WHO Akui Efektivitas Dexamethasone” yang diunggah oleh kanal di Youtubenya pada 19 Juni 2020 menjelaskan penggunaan dexamethasone sebagai obat kortikosteroid.

Obat itu mampu menyelamatkan pasien COVID-19 dengan gejala yang parah berdasarkan hasil uji klinis tim ilmuwan University of Oxford.

Namun perlu diketahui, vaksin COVID-19 tidak dapat dikatakan sebagai obat. Situs covid19.go.id menyatakan vaksin COVID-19 merupakan bentuk pencegahan yang diberikan pada orang sehat untuk mendorong pembentukan kekebalan tubuh spesifik pada penyakit COVID-19 agar terhindar dari tertular atau kemungkinan sakit berat.

Sementara, obat dexamethasone, seperti disebut WHO, tidak boleh dikonsumsi untuk mencegah atau mengobati gejala ringan COVID-19.

Hal serupa juga dikatakan oleh Reisa Broto Asmoro dalam konferensi pers pada 19 Juni 2020. Reisa mengatakan dexamethasone diberikan pada kasus konfirmasi yang sakit berat dan kritis yang membutuhkan ventilator dan alat bantu pernapasan serta tidak memiliki khasiat pencegahan, bukan penangkal COVID-19, bukan juga vaksin.

“Pemakaian obat steroid untuk COVID-19 hanya dibolehkan dalam pengawasan ahli, para dokter, dan dilakukan di sarana yang memadai tentunya yang bisa menangani efek samping yang dapat terjadi,” kata Reisa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement