Selasa 02 Feb 2021 17:47 WIB

Plt Ketua KPU: Sangat Berat Jika Pilkada Digelar pada 2024

Plt KPU menilai penyelenggara akan kewalahan karena pilkada berbarengan dengan pemilu

Red: Bayu Hermawan
 Ilham Saputra
Foto: Republika/Mimi Kartika
Ilham Saputra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU, Ilham Saputra menyebutkan jika penyelenggaraan pemilihan kepala daerah jadi diselenggarakan pada 2024 maka hal itu akan sangat berat untuk penyelenggara. Sebab, pelaksanaannya berbarengan dengan pemilu nasional.

"Kita juga harus siap dengan pelaksanaan penyelenggaraan pilkada di 2024. Tentu akan sangat berat bagi kita jika kemudian pelaksanaan Pilkada itu dilaksanakan pada 2024," kata Ilham Saputra di Jakarta, Selasa (2/2).

Baca Juga

Ilham menyampaikan hal itu saat Rakor Evaluasi Penyelenggaraan Tahapan Kampanye serta Kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dalam rangka Peningkatan Partisipasi Masyarakat pada Pemilihan Tahun 2020 bersama KPU daerah. Penyelenggaraan di 2024 dianggap berat karena tahapan-nya berbarengan bersamaan dengan pemilu nasional.

"Pengalaman kita kemarin pada Pemilu 2019 tentu menjadi catatan banyak sekali formulir C1 yang tidak selesai di tingkat KPPS, ada petugas kita yang kemudian kecapaian kelelahan yang berimplikasi kepada hilangnya jiwa mereka," ujarnya.