Senin 08 Feb 2021 15:13 WIB

Saran Epidemiolog Agar Baduy Tetap Nihil Kasus Covid-19

Baduy dan Kasepuhan Ciptagelar belum mencatat kasus covid-19 yang terdeteksi.

Red: Dwi Murdaningsih
Wanita Suku Baduy Luar berjalan di ladang padi miliknya di Desa Kanekes, Lebak, Banten, Sabtu (6/2/2021). Padi huma atau padi gogo merupakan salah satu varietas padi yang ditanam di areal lahan kering dan menjadi sumber ketahanan pangan sekaligus pendapatan ekonomi bagi warga Suku Baduy.
Foto:

Belum ditemukan kasus bukan berarti bebas risiko

Dr Windhu Purnomo, ahli epidemiologi dari Universitas Airlangga Surabaya, mengatakan, komunitas tertutup cenderung aman dari penularan Covid-19.

"Upaya masyarakat Baduy untuk tetap di satu tempat, membatasi mobilitas mereka, sebenarnya adalah kuncinya," kata Dr Windhu Purnomo.

"Tapi, saya khawatir karena turis masih diperbolehkan masuk. Bahkan, jika mereka membawa hasil tes antigen, tetap ada risiko penularan."

"Katakanlah syaratnya adalah hasil tes yang berlaku selama tiga hari terakhir. Bagaimana kalau turis itu baru tertular kemarin? Bisa bocor dan berisiko untuk orang Baduy."

Dr Windhu mengatakan, untuk memastikan tidak ada kasus atau nol kasus di masyarakat Baduy, lebih baik jika semua orang Baduy dites.

"Kapasitas tes perlu digenjot, tidak hanya di Baduy, tapi di seluruh wilayah di Indonesia, mengingat kapasitas tes kita masih salah satu yang terendah di dunia, kita nomor 159 dari 202 negara," ujarnya.

Dr Windhu mengatakan, langkah penting berikutnya untuk mencegah orang Baduy tertular virus corona adalah menutup akses sementara ke wisatawan.

"Kalau kita ingin menjaga suku Baduy ini tetap terjaga tidak tertular virus, menurut saya, untuk sementara jangan ada wisatawan yang masuk," tutupnya.

 

sumber: https://www.abc.net.au/indonesian/2021-02-08/belum-ditemukan-kasus-covid-19-di-baduy/13132182

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement