Rabu 17 Feb 2021 11:33 WIB

Cek Fakta, Pocong Dikejar Anjing di Jeneponto

Pakar mengatakan, sosok pocong dalam video yang viral adalah palsu.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Indira Rezkisari
Berita palsu atau hoaks. Kabar mengenai video rekaman CCTV yang menangkap gambar pocong dikejar anjing di Jeneponto, Sulawesi Selatan, viral di media sosial.
Foto:

Penjelasan:

Pakar Telematika, Roy Suryo, mengatakan pocong yang ada di video tersebut palsu. “Itu pocong-pocongan, mungkin manusia yang beritikad tidak baik mau seolah-olah menjadi pocong,” kata Roy ketika dikonfirmasi oleh Republika.co.id.

Roh atau makhluk halus kata dia memang ada dan bisa terlihat oleh manusia yang memiliki mata batin. Namun, tidak dapat terlihat oleh kamera manusia, termasuk sosok bayangan.

“Makanya tayangan ‘Ghost Hunter’, ‘the Other World’, dan lain-lain menampilkan efek akibat dari bayang tersebut. Bukan bentuk aslinya. Kalau ada yang terekam, berarti itu film horor atau hiburan,” ujar dia.

Sementara itu, Ustaz Das’ad Latif mengatakan tidak percaya terhadap video viral itu. “Saya tidak percaya, itu editing. Tidak mungkin ada pocong,” kata Ustaz Das’ad saat dikonfirmasi.

Dia juga menyebut tidak ada yang perlu ditakutkan selain kepada Allah dan mengajak masyarakat berlindung kepada Allah. “Apa yang harus ditakutkan itu tidak masuk akal, tidak ada yang begitu. Kalau takut, kita berlindung kepada Allah dengan membaca ‘A’udzubillahimin al-syaithan alrajim,” ucap dia.

Kesimpulan:

Video pocong dikejar anjing adalah konten yang direkayasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement