Selasa 04 May 2021 00:35 WIB

Di India, Bencana Covid Bangkitkan Partai Oposisi

India mencatat 3.414 kematian harian menyusul tsunami covid yang belum reda

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
Di India, Bencana Covid Bangkitkan Oposisi Partai Lokal

Wabah hentikan dominasi BJP

Minggu (2/5), Partai BJP diumumkan kalah dalam pemilu di negara bagian West Bengal. Pemilihan legislatif di wilayah yang berbatasan dengan Bangladesh itu dianggap krusial bagi BJP. Namun meski berulangkali dikunjungi Modi, warga West Bengal tetap loyal pada Perdana Menteri Mamata Banerjee yang diusung partai lokal.

Selain West Bengal, BJP juga kalah di dua negara bagian lain. Meski BJP mempertahankan dominasi di negara bagian Assam, hasil pemilu dinilai bisa melemahkan posisi Narendra Modi. "Apa yang terjadi di West Bengal hanya sebuah awal,” tulis kolumnis harian The Print, Shobhaa De.

Prashant Kishor, penasehat politik PM West Bengal, Banerjee, mengatakan "hasil pemilu memberikan suara dan harapan bagi mereka yang ingin melawan bahaya yang bernama BJP.”

Shiv Sena, sebuah partai lokal yang menguasai negara bagian Maharashtra yang mencakup Mumbai, mengatakan hasil pemilu adalah kekalahan telak bagi PM Modi, yang dituduh mempertaruhkan kesehatan publik demi kemenangan pemilu.

"Bukannya meredam pandemi Covid-19 yang sedang mengamuk, pemerintah pusat, termasuk Perdana Menteri Narendra Modi, sibuk di arena kampanye di West Bengal karena ingin mengalahkan Mamata Banerjee,” tulis partai tersebut.

Drama kematian di rumah sakit, tempat parkir atau jalan raya yang ramai disebar meruntuhkan kepercayaan publik kepada pemerintah. Menurut jajak pendapat YouGov, dalam setahun kepercayaan warga terhadap cara pemerintah mengendalikan wabah anjlok dari 89% pada April 2020, menjadi 59% pada akhir April 2021.

rzn/hp (ap, afp)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement