Rabu 06 Oct 2021 05:30 WIB

Mengapa Muslim tidak Boleh Meratapi Orang Meninggal?

Meratapi orang yang meninggal adalah perilaku orang-orang jahiliyah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Mengapa Muslim tidak Boleh Meratapi Orang Meninggal?
Foto:

3. Rasulullah melaknat orang yang meratap

وَعَنْ أَبِى سَعِيْدٍ الْخُدْرِىِّ رَضِىَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ لَعَنَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ النَّائِحَةَ وَالْمُسْتَمِعَةَ.

Abu Said Al Khudri radiyallahu anhu berkata: Rasulullah melaknat perempuan yang meratap dan orang yang mendengarkannya. 

4. Mayit akan disiksa karena diratapi

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:  اَلْمَيِّتُ يُعَذَّبُ فِى قَبْرِهِ بِمَانِيْحَ عَلَيْهِ وَفِى رِوَايَةٍ مَانِيْحَ عَلَيْهِ.

Mayit itu diazab di dalam kuburnya sebab ia diratapi. Dalam riwayat lainnya apa yang diratapkan atasnya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam tausiyahnya saat mengisi "Membaca Sejarah Nabi Muhammad" yang diselenggarakan majalah Mata Air beberapa waktu lalu menjelaskan tentang mengapa si mayit mendapat siksa padahal yang meratap adalah anggota keluarganya.  

Ustadz Somad menjelaskan orang-orang jahiliyah mempunyai tradisi mengukur status sosial satu keluarga ketika salah satu anggota keluarga itu ada yang mati. Karena ketika masih hidup, orang jahiliyah yang kuat ekonominya akan mewasiatkan pada anggota keluarganya, semisal pada anaknya, untuk menyewa kelompok yang bertugas meratap ketika ia mati.

Maka, ketika dia mati, kelompok ratap beserta anggota keluarganya akan meratap sekuat-kuatnya sebagai tanda tingginya status keluarga mereka. Maka, dapat dipahami sebab mayit memperoleh siksa lantaran ikut juga menjadi sebab adanya orang-orang yang meratap ketika ia meninggal. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement