Selasa 18 Jan 2022 20:43 WIB

Produksi Alat Deteksi Awal Varian Omicron Rampung Akhir Januari

Menkes menjelaskan SGTF sebagai alat pendeteksi awal omicron sedang diproduksi.

Red: Reiny Dwinanda
Tes PCR Covid-19 (Ilustrasi). Menkes Budi Gunadi Sadikin menyebut, alat SGTF merupakan solusi tes cepat terhadap indikasi omicron di Indonesia.
Foto:

Budi mengatakan, metode genom sekuensing diperlukan untuk melihat pola penyebaran varian Covid-19. Itu juga penting untuk melakukan upaya pencegahan secara dini.

photo
Beda gejala infeksi varian omicron dan delta. - (Republika)

"Genom sekuensing kita pakai di awal untuk melihat pola penyebaran, tapi kalau nanti semuanya sudah seperti delta, ya sudah pakai tes PCR saja," katanya.

Budi menyebut, metode deteksi Covid-19 menggunakan tes antigen maupun PCR masih efektif untuk dilakukan. Tes PCR merupakan gold standard pengujian.

"Baik antigen maupun PCR terkonfirmasi masih bisa dan masih baik untuk mendeteksi virus Covid-19 apapun variannya," katanya.

Hanya saja, untuk memisahkan varian alfa, beta, delta, gamma, atau omicron perlu dibedakan memakai alat genom sekuensing. Mengingat beratnya biaya pemakaian genom sekuensing, alternatif lain pun diperlukan.

"Sekarang sudah ada variasi tes PCR yang namanya SGTF yang bisa mendeteksi mutasi tertentu yang unik seperti omicron," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ يٰٓاَيُّهَا الَّذِينَ اٰمَنُوْٓا اِنَّ كَثِيْرًا مِّنَ الْاَحْبَارِ وَالرُّهْبَانِ لَيَأْكُلُوْنَ اَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَيَصُدُّوْنَ عَنْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۗوَالَّذِيْنَ يَكْنِزُوْنَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُوْنَهَا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۙفَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ اَلِيْمٍۙ
Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya banyak dari orang-orang alim dan rahib-rahib mereka benar-benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah, maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) azab yang pedih.

(QS. At-Taubah ayat 34)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement