Senin 31 Jan 2022 21:41 WIB

Tak Ada Barongsai Saat Tahun Baru Imlek, Warga: Yang Penting Ibadah Saja

Sejumlah vihara tiadakan perayaan malam tahun baru Imlek dan pertunjukan barongsai.

Red: Reiny Dwinanda
Petugas membersihkan Vihara Amurva Bhumi di Jakarta, Selasa (25/1/2022). Tahun ini, pengurus tidak menggelar perayaan malam tahun baru Imlek maupun pertunjukan barongsai.
Foto:

Tidak hanya Vihara Amurva Bhumi, pengurus Kelenteng Bio Hok Tek Tjeng Sin di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, juga tidak mengadakan acara khusus, seperti pertunjukan kembang api saat malam maupun Tahun Baru Imlek. Namun, pelaksanaan ibadah Imlek bagi jemaat tetap berlangsung seperti biasa.

"Orang dari luar mau datang silakan, tapi ini pandemi. Semua dibatasi. Sebenarnya kalau tidak ada pandemi begini, massa banyak tiap tahun," kata pengurus Kelenteng Bio Hok Tek Tjeng Sin, Rendy Rustandi.

Menurut Rendy, tidak digelarnya pesta kembang api dan pertunjukan barongsai ditujukan guna menekan penyebaran Covid-19 yang mengalami peningkatan dalam sepekan terakhir.

"Protokol kesehatan tetap dikedepankan. Kita sudah sediakan (tempat) cuci tangan. Setiap warga yang datang wajib cuci tangan. Kalau untuk pengukuran suhu ada pintu masuk secara mandiri," kata Rendy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement