Jumat 04 Mar 2022 17:38 WIB

Putaran Kedua Perundingan Rusia-Ukraina Berakhir Tanpa Gencatan Senjata

Prioritas Ukraina dalam pertemuan itu adalah gencatan senjata

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
 Delegasi Ukraina meninggalkan helikopter militer Belarusia saat mendarat di wilayah Gomel, Belarus, Senin, 28 Februari 2022. Delegasi Rusia dan Ukraina bertemu untuk pembicaraan pertama mereka Senin. Pertemuan tersebut berlangsung di wilayah Gomel di tepi Sungai Pripyat.
Foto:

Menteri Energi Amerika Serikat (AS) Jennifer Granholm mengatakan reaktor nuklir PLTN Zaporizhzhia berhenti beroperasi dengan aman. Washington juga mengatakan tidak melihat adanya peningkatan radiasi di daerah sekitar.

"(PLTN) dilindungi dengan struktur penahan yang kuat dan reaktor berhenti operasi dengan aman," kata Granholm.

Di media sosial Twitter, Granholm mengatakan ia sudah berbicara dengan menteri energi Ukraina mengenai situasi di PLTN.  Sebelumnya dilaporkan pasukan Rusia menembak PLTN Zaporizhzhia dengan roket.

"Kami tidak melihat peningkatan radiasi di daerah sekitar fasilitas (nuklir)," kata Granholm.

Presiden Joe Biden sudah menerima perkembangan terbaru mengenai kebakaran di PLTN itu dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Washington mengatakan Biden juga menerima perkembangan terbaru dari wakil menteri bidang keamanan nuklir Departemen Energi AS.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengungkapkan insiden tersebut melalui Twitter pada Jumat berdasarkan laporan wali kota setempat tentang serangan Rusia di sana.

"Tentara Rusia menembak dari semua sisi ke PLTN Zaporizhzhia, pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa," cicit Kuleba.

"Kebakaran telah terjadi. Jika (PLTN) itu meledak, ledakannya bisa 10 kali lebih besar daripada Chernobyl! Rusia harus SEGERA menghentikan serangannya, izinkan pemadam kebakaran, dirikan zona keamanan!" tulis Kuleba

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement