Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

5 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Film Black Adam Dikritik Sutradara Marvel

Selasa 22 Mar 2022 10:16 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Film Black Adam dikritik oleh sutradara serial Marvel

Film Black Adam dikritik oleh sutradara serial Marvel

Foto: DC Extended Universe.
Film superhero produksi DC ini dinilai menyia-nyiakan representasi budaya.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sutradara serial "Moon Knight" besutan Marvel, Mohamed Diab, menyebut film Black Adam dari DC telah menyia-nyiakan kesempatan representasi budaya. Diab menyayangkan perbedaan film itu dengan komiknya.

Pada versi komik, "Moon Knight" maupun Black Adam sangat bergantung pada mitologi Mesir. Akan tetapi, Diab menyoroti kurangnya penyertaan Mesir dan budayanya di film pahlawan super Black Adam yang belum dirilis.

Baca Juga

Diab yang merupakan sineas kelahiran Mesir menyampaikan kekecewaannya terhadap Black Adam berdasarkan latar lokasi film. Sinema besutan Warner Bros itu seolah mengabaikan sumber materi budaya dan sejarah yang ada.

"Saya benar-benar kesal dengan DC karena menempatkan Black Adam di negara fiktif di timur tengah sebagai alasan untuk membuang orang non-Mesir, padahal kisah itu jelas dimaksudkan untuk berada di Mesir," tuturnya.

Menurut Diab, itu kesalahan besar karena menyalahi latar di komik. Sebagai sineas yang punya kewenangan atas "Moon Knight", dia sendiri hendak memastikan serial Marvel Studios itu mewakili negara asalnya dalam banyak cara.

Selama ini, ada film maupun serial yang tidak mengusung representasi sama dengan kisah asalnya karena sejumlah alasan. Black Adam mungkin telah memilih untuk mengikuti materi dari sumber lain.

Berbeda dengan "Moon Knight" yang mengambil sikap berlawanan, yakni sepenuhnya menghidupkan cerita autentik. Ketika lanskap film dan serial berubah dengan cepat, karakter dan cerita dengan budaya beragam tumbuh pesat.

Minoritas bisa menjadi mayoritas dalam film, seperti diperlihatkan dalam Black Panther. Hal itu terlihat pula dalam daftar karakter baru Marvel yang akan datang, seperti Kamala Khan dari serial "Ms Marvel" dan America Chavez dari Doctor Strange 2.

Saat mendiskusikan pandangannya tentang penggarapan "Moon Knight", Diab menyatakan ingin menunjukkan talenta Mesir sebanyak yang dia bisa. "Setiap budaya harus diwakili oleh orang-orangnya, jadi saya menyewa aktor, editor, perancang kostum, direktur seni dan komposer yang semuanya orang Mesir," kata Diab.

Serial "Moon Knight" memulai debutnya di Disney+ pada 30 Maret 2022. Sementara, film Black Adam tayang di bioskop pada 21 Oktober 2022, dikutip dari laman Movie Web, Selasa (22/3/2022).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile