Ahad 01 May 2022 06:17 WIB

Angelina Jolie Kunjungi Ukraina

Jolie bertemu dengan sukarelawan yang bekerja dengan para pengungsi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Aktris Angelina Jolie. Angelina Jolie mengunjungi kota Lviv di Ukraina pada Sabtu (30/4/2022).
Foto: EPA
Aktris Angelina Jolie. Angelina Jolie mengunjungi kota Lviv di Ukraina pada Sabtu (30/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, LVIV -- Aktris Hollywood Angelina Jolie mengunjungi kota Lviv di Ukraina pada Sabtu (30/4/2022). Dia mampir ke toko roti dan pergi ke stasiun kereta api untuk menemui beberapa orang yang terlantar akibat perang antara Ukraina dan Rusia.

Selama kunjungan ke stasiun, Jolie bertemu dengan sukarelawan yang bekerja dengan para pengungsi. Jolie menceritakan, relawan itu mengatakan kepadanya bahwa setiap psikiater yang bertugas berbicara kepada sekitar 15 orang setiap hari. Banyak dari mereka yang berada di stasiun itu adalah anak-anak berusia dua hingga 10 tahun.

Baca Juga

"Mereka pasti kaget... Saya tahu bagaimana trauma mempengaruhi anak-anak, saya tahu hanya dengan memiliki seseorang yang menunjukkan betapa berartinya mereka, betapa pentingnya suara mereka, saya tahu betapa penyembuhan itu bagi mereka," ujar perempuan berusia 46 tahun ini.

Pada satu titik selama kunjungannya ke stasiun, Jolie menggelitik seorang gadis kecil berpakaian merah, yang tertawa kegirangan. Dia juga berpose untuk foto bersama dengan para relawan dan beberapa anak.

Aktivis kemanusia itu adalah utusan khusus untuk badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Dia mengatakan lebih dari 12,7 juta orang telah meninggalkan rumah  dalam dua bulan terakhir. Jumlah tersebut mewakili sekitar 30 persen dari populasi Ukraina sebelum perang.

Bulan lalu, dalam perannya sebagai utusan khusus juga, Jolie mengunjungi Yaman. Wilayah tersebut menjadi tempat jutaan orang telah mengungsi akibat perang selama beberapa tahun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement